Bola  

Marselino dan Asnawi Sudah Buat Gol, Siapa Ikut?


Jakarta, CNN Indonesia

Setelah Marselino Ferdinan dan Asnawi Mangkualam mencetak gol, siapa lagi pemain Timnas Indonesia yang bakal membobol gawang lawan di Piala Asia 2023 (2024)?

Marselino menuntaskan serangan apik Skuad Garuda saat berhadapan dengan Irak, sementara Asnawi mengeksekusi tendangan 12 pas dengan baik. Selanjutnya ada Jepang di hadapan.

Dilihat dari ranking FIFA, Jepang berada jauh di atas Indonesia dan merupakan yang terbaik di Piala Asia kali ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Catatan di atas kertas itu tiba-tiba buyar. Sang pemilik ranking 17 dunia tak berdaya menghadapi Irak yang menempati ranking 63 dunia. Sebelumnya Vietnam yang menempati peringkat 94 dunia juga sempat membuat Jepang sedikit goyah.

Kini Indonesia yang berperingkat 146 dunia bakal bertemu Samurai Biru.

Kondisi kini akan berbeda. Tak seperti saat melawan Vietnam atau Irak, Jepang penuh kewaspadaan usai kebobolan empat gol di saat mengusung target membawa pulang trofi Piala Asia yang kelima.

Bukan tugas mudah menjaringkan bola ke gawang Jepang, namun tak berarti itu adalah pekerjaan mustahil ibarat menegakkan benang basah.

Ditilik dari empat kebobolan yang dialami kiper Zion Suzuki, Jepang merupakan kesebelasan yang punya cela. Gol dari situasi bola hidup dan bola mati pernah dialami Jepang.

Rafael Struick yang menjadi ujung tombak dituntut bermain efektif dan efisien di area pertahanan lawan. Struick punya beberapa peluang dalam laga sebelumnya dan kerap memberi ruang bagi rekan saat Indonesia menyerang.

Jika kembali dimainkan seperti dalam dua pertandingan sebelumnya, Yakob Sayuri punya potensi membahayakan gawang lawan. Tusukan yang dilakukan Yakob bisa menjadi ancaman bagi Jepang.

Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Ivar Jenner dan Justin Hubner juga punya kans melepaskan tembakan jarak jauh seandainya mendapat bola di area second line.

Situasi set piece juga menghadirkan peluang bagi Jordi Amat, Elkan Baggott, atau Rizky Ridho untuk memaksimalkan kemampuan duel udara.

[Gambas:Video CNN]

(nva/sry)


Sumber: www.cnnindonesia.com