Bola  

Mampukah Van Dijk Kantongi Messi?

Virgil van Dijk akan duel dengan Lionel Messi dalam laga 8 besar Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Belanda.

Jakarta, CNN Indonesia

Virgil van Dijk akan duel dengan Lionel Messi dalam laga perempat final Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Argentina.

Pertandingan Belanda vs Argentina ini akan berlangsung di Stadion Lusail Iconic, Lusail pada Sabtu (10/12) dini hari WIB. Mampukah van Dijk menghentikan Messi?

Jika berkaca dari dua pertemuan sebelumnya, kans itu sangat terbuka. Van Dijk dan Messi pernah dua kali bentrok di level klub dalam duel Barcelona versus Liverpool pada ajang Liga Champions 2018/2019.

Pada pertemuan pertama di Barcelona, Liverpool ditumpas dengan skor 3-0. Dalam laga ini bek 31 tahun tersebut tak berkutik. Meski Messi tak mencetak gol, Van Dijk kesulitan menghalau bintang Argentina itu.

Namun pada pertemuan di Liverpool, giliran Messi tak berdaya. Istilahnya Messi dikantongi Van Dijk. Pemain yang dianggap salah satu bek terbaik dunia saat ini itu bisa meredam agresivitas La Pulga.

Van Dijk tampil sabar dengan mengawal pergerakan Messi. Ia baru akan menghalau atau menekel saat Messi akan membuat manuver berbahaya. Hal ini kemungkinan kembali dipraktekkan Van Dijk.

[Gambas:Video CNN]

Hanya saja Messi tak lagi tampil sebagai ujung tombak seperti dalam laga Barcelona versus Liverpool. Saat ini Messi tampil sebagai pemain free role di Argentina. Ia bisa jadi katalisator sekaligus ujung tombak.

Saat melawan Australia misalnya, Messi banyak beroperasi di tengah. Namun dalam situasi tertentu ia beralih ke depan. Satu gol ke gawang Australia menunjukkan perannya, dari posisi sayap masuk ke kotak penalti.

Ini bisa menjadi bumerang bagi Van Dijk jika harus mengawal ketat Messi. Pasalnya pemain Argentina lainnya, seperti Lautaro Martinez atau Julian Alvarez bisa menusuk ke pertahanan dengan nyaman.

Karena itu skema pragmatis Louis van Gaal, yang menumpuk pemain di pertahanan dan mengandalkan serangan balik, akan diuji dalam laga melawan ini. Mematikan Messi setidaknya bisa meminimalisir kans gol Argentina.

Rekor Pertemuan Messi vs Van Dijk di Level Klub

2 Februari 2019: Barcelona 3-0 Liverpool
8 Mei 2019: Liverpool 4-0 Barcelona

(abs/rhr)







Sumber: www.cnnindonesia.com