Bola  

Madam Pang Maju Pemilihan Presiden FAT, Calon Wanita Pertama

Manajer timnas Thailand Madam Pang mengucapkan terima kasih untuk fans Indonesia setelah pertandingan Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2022.


Jakarta, CNN Indonesia

Nualphan Lamsam atau Madam Pang resmi maju sebagai calon presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT). Ia bisa mencetak sejarah sepak bola Thailand jika terpilih.

Dalam laporan Thairath, FAT tidak pernah sekalipun dipimpin oleh wanita. Oleh karena itu, Madam Pang bisa jadi wanita pertama yang menduduki kursi tertinggi jika terpilih sebagai pemimpin federasi.

“Belum pernah ada presiden federasi sepak bola dari wanita. Dengan pengalaman selama 16 tahun dalam industri dan kecintaannya pada sepak bola, itu jadi bukti [Madam] Pang bisa jadi kandidat kuat,” tulis laporan Thairath.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemilihan presiden FAT akan bergulir pada 8 Februari 2024 mendatang. Madam Pang dikabarkan sudah menyusun visi dan misi untuk sepak bola Thailand.

Madam Pang yang jadi manajer timnas Thailand sejak 2021 itu mendapat dukungan 60 klub Liga Thailand. Itu jadi jumlah yang signifikan lantaran syarat jadi kandidat presiden adalah minimal mendapat dukungan dari tiga klub.

Posisi Madam Pang juga dinilai kuat karena kerap memberikan bonus bernilai besar kepada pemain, terutama ketika menjuarai Piala AFF 2020 dan 2022.

Selain itu, secara tak langsung Madam Pang memiliki daya tawar tinggi lantaran pemimpin federasi lantaran presiden FAT saat ini, Somyot Poompanmoung terseret kasus korupsi pada Juli 2023.

Kepemimpinan Somyot yang sudah berlangsung sejak 2016 itu diperkirakan bakal selesai seiring masa jabatan yang segera berakhir.

Belum lama ini, timnas Thailand juga jadi sorotan lantaran pelatih Mano Polking dipecat dari jabatannya. FAT menunjuk Masatada Ishii untuk menahkodai tim Gajah Perang.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/har)

Sumber: www.cnnindonesia.com