Bola  

Liliput yang Tantang Raksasa Piala Asia 2023

Timnas Indonesia yang dianggap bocah cilik; liliput; menurut skema komputasi canggih kans lolosnya ke 16 besar Piala Asia 2023 (2024) tak sampai 15 persen.

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia yang dianggap bocah cilik; liliput; menurut skema komputasi canggih kans lolosnya ke 16 besar Piala Asia 2023 (2024) tak sampai 15 persen, menggebrak.

Perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 terbilang merangkak. Tim asuhan Shin Tae Yong ini masuk kejuaraan lewat jalur paling rendah, babak play off kualifikasi.

Setelah play off, skuad Garuda mendobrak babak grup kualifikasi. Sama sekali tak diunggulkan atas Yordania dan Kuwait, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan membuat kejutan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Begitu undian atau drawing dilakukan, Indonesia berada di grup tidak enak. Tim Merah Putih bersaing dengan Jepang, Irak, dan Vietnam. Walhasil Indonesia diprediksi pulang lebih cepat.

Namun takdir berkata lain. Setelah kalah 1-3 dari Irak, menang 1-0 atas Vietnam, dan tunduk 1-3 dari Jepang, Indonesia tetap lolos ke babak 16 besar dengan status peringkat ketiga terbaik.

Indonesia baru bisa memastikan diri tampil di sistem gugur setelah Kirgistan menahan Oman dengan skor 1-1. Ini membuat Indonesia jadi tim keempat di peringkat ketiga terbaik.

Sekilas Indonesia lolos ke babak 16 besar ini lewat jalur berkah atau istilah kekinian sebagai ‘give away’. Anggapan itu memang tak salah, tetapi Indonesia dianggap cukup layak berada di fase ini.

Permainan Indonesia, yang merupakan tim termuda Piala Asia 2023, progresif. Dari laga ke laga, performa tim berperingkat ke-146 FIFA ini terus mengalami peningkatan.

Saat melawan Jepang misalnya, pertahanan Indonesia dikepung habis-habisan oleh Jepang, tetapi masih bisa memberi sedikit perlawanan. Indonesia tampil bukan seperti tim guram.

Kini tim liliput ini akan berhadapan dengan raksasa sepak bola Asia lainnya, yang adalah langganan Piala Dunia, Australia. Socceroos jelas bukan lawan mudah bagi Indonesia.

Akankah Timnas Indonesia kembali membuat kejutan? Bisakah Shin Tae Yong membuat racikan strategi yang membuat Australia frustrasi dan kehilangan taji?

Baca di halaman berikutnya>>>


Sumber: www.cnnindonesia.com