Bola  

Laga Hidup-Mati ke 16 Besar Piala Asia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menurunkan delapan pemain muda 22 tahun ke bawah menjadi starter saat melawan Irak di Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia menelan kekalahan dari Irak dan situasi tersebut membuat duel lawan Vietnam jadi laga hidup-mati untuk penentuan lolos ke 16 besar Piala Asia.

Timnas Indonesia gagal mendapatkan poin dalam laga lawan Irak. Skuad Garuda kalah dengan skor 1-3 dari negara juara Piala Asia 2007 tersebut. Sehari sebelumnya, Vietnam juga tumbang dengan skor 2-4 di hadapan Jepang.

Kekalahan yang diderita Timnas Indonesia dan Vietnam membuat kedua negara tak punya cara lain selain meraih kemenangan dalam duel kedua tim pada Jumat (19/1). Kemenangan bakal berarti peluang untuk lolos ke 16 besar menjadi terbuka.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sedangkan kekalahan di laga kedua bakal menutup peluang Indonesia atau Vietnam untuk melangkah lebih jauh di Piala Asia. Hasil imbang juga tidak memberikan keuntungan berarti bagi kedua tim.

Di Piala Asia 2023, selain dua tim teratas tiap grup, bakal ada slot untuk peringkat tiga terbaik. Ada empat tim peringkat tiga terbaik yang bisa lolos ke babak 16 besar.

Merujuk kekuatan yang ada di grup D, cara paling realistis bagi Indonesia dan Vietnam lolos ke babak 16 besar adalah dengan berupaya mengunci posisi peringkat tiga terbaik. Duel kedua adalah langkah terpenting untuk mewujudkan hal tersebut.

Vietnam sendiri berhasil lolos ke fase knock out pada edisi Piala Asia 2019 lewat jalur peringkat tiga terbaik. Vietnam mengumpulkan tiga poin dan lolos ke babak berikutnya.

Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama menunjukkan permainan ngotot menghadapi Irak dan Jepang yang punya peringkat lebih tinggi. Namun lini belakang kedua tim masih sama-sama mudah dirusak oleh serangan lawan. Hal itu yang membuat Indonesia dan Vietnam kebobolan banyak gol.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/jun)


Sumber: www.cnnindonesia.com