Bola  

Kroasia Singkirkan Brasil Lewat Adu Penalti

Kroasia berhasil menyingkirkan Brasil dalam drama adu penalti dengan skor 4-2 (1-1) pada perempat final Piala Dunia 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Kroasia berhasil menyingkirkan Brasil dalam drama adu penalti dengan skor 4-2 (1-1) pada perempat final Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Doha, Jumat (9/12) malam WIB.

Brasil mendapatkan dua peluang beruntun melalui Vinicius Junior dan Neymar pada menit ke-20. Tembakan Vinicius masih bisa diblok pemain belakang Kroasia sedangkan peluang Neymar masih aman dalam pelukan Dominik Livakovic.

Pada menit ke-30 giliran Kroasia yang coba menebar ancaman. Ivan Perisic melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang masih belum menemui sasaran.

Permainan kemudian kembali berjalan alot mendekati akhir pertandingan babak pertama. Baik Kroasia dan Brasil tetap tampil hati-hati sehingga tidak banyak peluang yang bisa tercipta hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua Perisic jadi sosok yang kembali berupaya menebar ancaman ke gawang Brasil. Sundulan dilepaskan pemain Tottenham Hotspur itu memanfaatkan umpan silang Luka Modric yang masih melebar di sisi kiri gawang.

Setelah itu Brasil gencar memberikan ancaman. Peluang emas didapat Lucas Paqueta yang tinggal berhadapan dengan Livakovic.

Namun tendangan Paqueta yang mengarah ke gawang masih bisa digagalkan oleh Livakovic pada menit ke-66.

Sepuluh menit berselang giliran Neymar yang mendapatkan peluang emas. Neymar juga sudah berhadapan satu lawan satu dengan Livakovic tetapi tembakannya masih bisa diblok kiper Dinamo Zagreb tersebut.

Tekanan semakin gencar dilakukan Brasil di sisa 15 menit waktu normal. Masuknya pemain-pemain seperti Antony, Rodrygo hingga Pedro membuat Brasil semakin gencar melakukan serangan.

Brasil tidak kunjung mampu mencetak gol tambahan hingga babak kedua usai karena performa apik Livakovic. Delapan peluang digagalkan Livakovic yang membuat laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Pada masa perpanjangan waktu gol yang ditunggu-tunggu Brasil akhirnya datang. Kerja sama satu dua Neymar dan Paqueta diakhiri dengan gocekan bintang PSG yang mengecoh Livakovic lalu menyontek bola ke gawang kosong.

Setelah itu laga sepertinya akan dimenangi Brasil karena mampu menjaga keunggulan hingga menit ke-116. Namun semenit berselang lewat skema serangan balik, pemain pengganti Bruno Petkovic membobol gawang Alisson Becker yang membuat skor menjadi 1-1 dan penentuan pemenang harus diakhiri lewat adu penalti.

Kroasia berhasil keluar sebagai pemenang dalam drama adu penalti atas Brasil dengan skor 3-1. Nikola Vlasic, Lovro Majer, Luka Modric, dan Mislav Orsic sukses menjalankan tugasnya.

Sementara dua dari empat penendang penalti yakni Rodrygo dan Marquinhos gagal melaksanakan tugasnya. Eksekusi Rodrygo dimentahkan Livakovic dan tendangan Marquinhos mengenai tiang. Kroasia lolos ke semifinal Piala Dunia dengan kemenangan 4-2 atas Brasil dalam drama adu penalti.

(jal/nva)







Sumber: www.cnnindonesia.com