Bola  

Konstruksi Strategi STY di Timnas Indonesia dan Isu Pemain Titipan

Jakarta, CNN Indonesia

Wajah Timnas Indonesia agak bopeng menjelang tampil di Piala Asia 2023 (2024) setelah kedodoran dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia dilumat Irak dengan skor 1-5, kemudian bermain imbang 1-1 melawan Filipina. Ini mengecewakan sebab ekspektasi publik Timnas telah naik kelas.

Tanda kenaikan kelas Timnas itu tergambar saat melawan Argentina. Meski kalah 0-2, tim racikan Shin Tae Yong ini memperlihatkan gaya main yang spartan dan penuh kejutan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelumnya Timnas juga bisa menumpas tim-tim yang peringkat FIFA-nya lebih baik, seperti Kuwait, Curacao, Burundi, dan Turkmenistan. Ditambah lagi ada tenaga pemain naturalisasi.

Karena itu Shin menatap serius persiapan menuju Piala Asia 2023. Itu pula yang menjadi alasan mengapa Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan di Turki.

Pemusatan latihan ini dimulai dari 21 Desember di kota Antalya. Para pemain Timnas sudah bertolak ke Turki pada Rabu (20/12) pagi. Apa yang akan dilakukan Shin di Turki?

Yang pasti pelatih asal Korea Selatan ini akan mengkonstruksi strategi permainan Indonesia di Piala Asia. Ini penguatan kelebihan tim dan antisipasi kekuatan Jepang, Irak, dan Vietnam.

Jika mengacu pemusatan-pemusatan latihan sebelumnya, Shin akan menggembleng fisik pemain pada sepekan awal pemusatan latihan. Bahkan latihan bisa tiga kali sehari.




Marcelino Ferdinan absen TC di Turki. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Setelah itu, filosofi dan strategi permainan jadi penekanan. Kemungkinan besar formasi tiga bek akan dimatangkan. Ini karena formasi ini tak solid saat lawan Iran dan Filipina.

Antisipasi absennya gelandang pengatur serangan, dalam hal ini Marselino Ferdinan dan Ivar Jenner, juga krusial. Tanpa dua pemain ini terlihat ada kekuatan yang hilang.

Posisi gelandang bertahan juga krusial. Shin seperti belum menemukan satu pemain yang solid dan stabil juga punya daya rusak permainan lawan saat menghadapi tim lebih kuat.

Baca di halaman berikutnya>>>


Sumber: www.cnnindonesia.com