Bola  

Komite Teknik KFA Korea Sepakat, Klinsmann Harus Dipecat

Pelatih Korea Selatan Jurgen Klinsmann menyamakan perjuangan timnya di Piala Asia dengan Argentina di Piala Dunia 2022.


Jakarta, CNN Indonesia

Komite Teknik Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) memberi rekomendasi kepada Presiden KFA Chung Mong-gyu untuk memecat Jurgen Klinsmann usai kegagalan di Piala Asia 2023.

Dalam rapat yang digelar hari ini, Kamis (15/2), Ketua Komite Teknik KFA Hwang Bo-gwan mengatakan pihaknya sudah memiliki rekomendasi terkait posisi Klinsmann sebagai pelatih timnas Korea Selatan.

Hwang meminta KFA untuk memecat Klinsmann. Pelatih asal Jerman itu dianggap gagal dan tidak memiliki kemampuan untuk mengangkat timnas Korea Selatan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Karena beberapa alasan, diputuskan bahwa coach Klinsmann sudah tidak bisa menunjukkan kepemimpinan, dan kami sepakat bahwa pelatih pengganti dibutuhkan,” ujar Hwang dikutip dari Chosun.

Keputusan Komite Teknik KFA ini tidak serta merta membuat Klinsmann dipecat. Klinsmann baru akan dipecat setelah Presiden KFA Chung Mong-gyu menyetujui rekomendasi Komite Teknik terkait keputusan pemecatan.

Klinsmann, yang sedang berada di Amerika Serikat, ikut hadir dalam rapat tersebut melalui video conference. Hwang mengatakan Klinsmann menyebut perkelahian antara Son Heung Min dan Lee Kang In satu hari sebelum semifinal Piala Asia 2023 melawan Yordania mengganggu kondisi tim.

“Coach Klinsmann mengatakan dalam rapat hari ini bawah perkelahian antara Son Heung Min dan Lee Kang In mengganggu performa tim. Asosiasi saat ini menginvestigasi kebenaran insiden tersebut,” ujar Hwang.

“Coach Klinsmann tidak mengakui masalah kurangnya taktik yang terjadi di Piala Asia. Pemecatan Klinsmann belum diputuskan, namun pendapat Komite Teknik akan dilaporkan ke asosiasi,” sambung Hwang.

Timnas Korea Selatan, yang diperkuat banyak pemain klub besar Eropa, dikalahkan Yordania 0-2 pada semifinal Piala Asia 2023.

[Gambas:Video CNN]

(har/nva)

Sumber: www.cnnindonesia.com