Bola  

Klasemen Runner Up Terbaik Piala AFF U-23 Usai Thailand Hajar Kamboja

Klasemen sementara runner up Piala AFF U-23 masih dipimpin Indonesia setelah Kamboja 0-2 kalah dari Thailand pada laga pamungkas Grup A.

Jakarta, CNN Indonesia

Klasemen sementara runner up Piala AFF U-23 2023 masih dipimpin Indonesia setelah Kamboja 0-2 kalah dari Thailand pada laga pamungkas Grup A.

Thailand meneruskan tren positif di Piala AFF U-23 edisi kali ini dengan meraup tiga kemenangan beruntun di fase grup.

Kamboja jadi korban ketiga keganasan Thailand. Tim Gajah Perang Muda berhasil mengamankan tiga poin tambahan usai mengalahkan Kamboja dua gol tanpa balas.

Seluruh gol kemenangan Thailand tercatat sebagai hasil bunuh diri dari pemain Kamboja, Reth Lyheng (50′) dan Vanneth Houth (80′).

Hasil ini memastikan Thailand lolos ke semifinal Piala AFF U-23 sebagai juara Grup A. Thailand mengemas sembilan angka hasil dari tiga kali menang, sementara Kamboja jadi runner up dengan empat poin.

Myanmar juga mengemas empat poin namun harus puas menempati posisi ketiga karena kalah selisih gol dari Kamboja.

Dengan demikian, masih ada tiga tempat tersisa ke semifinal yang masih diperebutkan. Dua slot lainnya jadi milik juara dari masing-masing Grup B dan C. Sementara satu tiket lainnya lewat jalur runner up terbaik.

Indonesia saat ini masih memimpin posisi teratas dengan koleksi tiga poin. Sementara Filipina berada di urutan kedua dengan mengumpulkan satu angka.

Grup A menjadi satu-satunya grup yang dihuni empat tim peserta. Sementara Grup B dan C dihuni tiga kontestan.

Artinya, Kamboja dan Myanmar tak berhak mengikuti persaingan runner up terbaik karena kemenangan lawan tim juru kunci, Brunei Darussalam, tak masuk hitungan.

Jika hasil kemenangan atas Brunei dihilangkan, maka Kamboja dan Brunei masing-masing hanya mengemas satu angka dan telah dipastikan tersingkir.

Peluang Indonesia lolos ke semifinal lewat jalur runner up terbaik makin terbuka setelah Kamboja tersingkir. Namun, nasib Indonesia masih bergantung dari hasil pertandingan Malaysia vs Timor Leste dan Vietnam vs Filipina. 

Klasemen sementara runner up terbaik Piala AFF U-23 2023:

1. Indonesia (3)
2. Filipina (1)
3. Kamboja (1)

[Gambas:Video CNN]

(jun)


Sumber: www.cnnindonesia.com