Bola  

Kiprah ASEAN di Piala Asia 2023: Vietnam Mulai Duluan

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengumumkan timnas Vietnam tak akan melakoni laga internasional pada FIFA Matchday periode Maret 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Piala Asia 2023 (2024) bakal dimulai hari ini, Jumat (12/1), sederet negara-negara ASEAN juga bakal berlaga termasuk Timnas Indonesia.

Sebanyak 24 negara bakal berebut gelar Piala Asia. Dari kawasan Asia Tenggara terdapat empat negara yang ikut berlaga, yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Keempat negara tersebut tersebar dalam tiga grup berbeda. Indonesia dan Vietnam berada di Grup D, Thailand tergabung di Grup F, sementara Malaysia bersaing di Grup E.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di antara empat negara tersebut, Vietnam akan lebih dulu bertanding di Piala Asia 2023. Skuad The Golden Star bakal menjalani laga pertama pada Minggu (14/1) dengan menghadapi Jepang.

Sehari setelah Vietnam berlaga, Indonesia baru akan menjalani laga perdana bertemu Irak. Berselang tiga jam dari laga Indonesia vs Irak, Malaysia bakal menjajal Jordania.

Thailand bakal menjadi wakil Asia Tenggara yang menjalani laga pertama paling terakhir. Skuad Changsuek baru akan melakoni pertandingan pembuka di Piala Asia 2023 pada 16 Januari meladeni Kirgistan.

Jika Indonesia dan Vietnam akan bersaing dengan Jepang dan Irak di Grup D, maka Malaysia bakal menghadapi Jordania, Bahrain, dan Korea Utara, sedangkan Thailand bakal berusaha meloloskan diri dari fase grup yang dihuni Kirgistan, Oman, dan Arab Saudi.

Thailand merupakan negara ASEAN dengan capaian paling tinggi di Piala Asia, yakni mencapai peringkat ketiga pada 1972. Sementara Vietnam, ketika masih bernama Vietnam Selatan, bisa menempati posisi keempat pada 1956 dan 1960.

Indonesia dan Malaysia sama-sama belum pernah lolos dari grup setiap kali berlaga di Piala Asia.

[Gambas:Video CNN]

(nva/har)


Sumber: www.cnnindonesia.com