Bola  

Khabib Pengubah Wajah UFC

Khabib Nurmagomedov, eks juara dunia kelas ringan UFC asal Rusia, berhasil mengubah pandangan dunia terhadap Islam lewat UFC.


Jakarta, CNN Indonesia

Khabib Nurmagomedov, eks juara dunia kelas ringan UFC asal Rusia, berhasil mengubah pandangan dunia terhadap Islam lewat UFC.

Khabib atau “Si Elang” berhasil memegang rekor tak terkalahkan terlama dengan 29 kemenangan dalam sejarah MMA sebelum memutuskan pensiun pada Maret 2021.

Sebagai seorang muslim, Khabib terbiasa menyelipkan pujian untuk Sang Pencipta (Alhamdulillah dan Insya Allah) tiap kali berbicara di atas arena.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Khabib juga menolak berkesempatan bertarung pada Juni hingga Agustus, tahun 2014 dan 2016. Penolakan tersebut dilatarbelakangi karena pertandingan bertepatan dengan ibadah puasa di bulan Ramadan.

“Sebelum kami melakukan pertarungan ini, kami berbicara dengan [UFC]. Saya beritahu mereka, tolong lakukan kapan saja sebelum Ramadan. Dan mereka melakukannya satu minggu sebelum Ramadan.”

“Ramadan itu kayak libur latihan sebentar, tapi aku tetap latihan juga, tapi ini lebih banyak berdoa, aku menghabiskan waktu ini bersama keluarga dan orang tuaku. Saya pergi [ke] masjid dan berdoa, siang dan malam, berpuasa, dan tentu saja kami juga berlatih”, kata Khabib, dilansir South China Morning Post.

Khabib memang dikenal sebagai muslim yang taat sekalipun berkecimpung sebagai petarung UFC yang sarat dengan kekerasan.

“Alkohol dan perempuan menghalangi seorang atlet,” kata Khabib, dilansir oleh FoxSport.

“Mereka memanjakannya dan membuatnya lemah,” ucap Khabib menambahkan.

Banyak muslim yang kagum dan mendukung perilaku Khabib. Salah satu dukungan besar berasal dari muslim Dagestan Rusia, Chechnya, dan negara-negara mayoritas muslim bekas Soviet.

“Saya merasa saya mewakili negara saya. Bukan hanya negara saya, tapi semua negara bekas Uni Soviet, karena saya punya basis penggemar yang sangat besar di sini dan saya punya lebih dari satu miliar penggemar muslim”, kata Khabib ke Guardian.

“Saya merasa saya mewakili orang-orang ini di seluruh dunia. Penggemarku ini memberi saya energi yang sangat baik. Saat saya masuk ke dalam circle, saya memikirkan orang-orang ini,” ucap Khabib menambahkan.




Khabib Nurmagomedov menularkan prinsip Islam di UFC. (AFP/Ethan Miller)

Perilaku Khabib membuat orang-orang mengerti bagaimana kehidupan seorang muslim sekaligus atlet.

Komedian dan podcaster populer, Joe Rogan mengomentari petarung muslim dari Dagestan yang tampil sangat baik karena dilandasi iman Islam.

“Mereka tidak mempunyai gangguan seperti kebanyakan orang-orang ini [nonmuslim]. Mereka tidak berpesta,” ujar Joe Rogan, dikutip Essentially Sport.

“Orang-orang yang berasal dari kubu Khabib Nurmagomedov adalah beberapa petarung yang paling dominan. Mereka menata rambut mereka dengan cara yang persis sama. Mereka berlatih. Yang mereka pedulikan hanya keluarga, agama, pelatihan. Mereka tidak mengejar perempuan, mereka tidak minum. Mereka hanya berlatih terus-menerus seperti sangat berdedikasi pada keahlian mereka. Dan merekalah yang dominan,” tambahnya.

[Gambas:Video CNN]

(rjr/rhr)

Sumber: www.cnnindonesia.com