Bola  

Kenapa STY Nyaris Mustahil Dipecat Usai Gagal di Piala AFF 2022?

Shin Tae Yong berharap semua pertandingan kandang Timnas Indonesia berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Jakarta, CNN Indonesia

Shin Tae Yong nyaris mustahil dipecat dari kursi pelatih Timnas Indonesia meski gagal mempersembahkan gelar juara Piala AFF 2022.

Tagar #STYout trending di Twitter sesaat setelah Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Vietnam pada leg kedua di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1).

Kekalahan itu membuat Indonesia gagal melaju ke final dan harus mengubur mimpi memenangi turnamen dua tahunan ini. STY pun digadang-gadang sebagai sosok yang bertanggung jawab.

Sebab sejak awal PSSI sudah menargetkan STY untuk memenangkan trofi Piala AFF 2022. Pelatih asal Korea Selatan itu juga menyanggupi target juara yang diberikan federasi.

Namun impian Indonesia buyar di tangan Vietnam. Hasil negatif ini membuat netizen kecewa dan ramai-ramai mendesak Shin Tae Yong mundur dari jabatannya.

Adalah wajar mendesak pelatih mundur jika gagal memenuhi target. Namun netizen perlu mengingat STY masih punya tugas memimpin Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia dan Piala Dunia 2023.

Situasi inilah yang membuat PSSI kemungkinan besar bakal mempertahankan mantan pelatih timnas Korea Selatan itu. Terlebih Timnas U-20 sudah ditangani STY sejak tahun lalu.

Dalam waktu dekat, Timnas U-20 akan kembali dikumpulkan untuk menjalani pemusatan latihan jelang tampil di Piala Asia 2023 di Uzbekistan mulai 1 Maret mendatang.

Turnamen antarnegara Asia tersebut berlangsung hampir selama tiga pekan. Ini merupakan ajang uji coba sebelum tampil di Piala Dunia U-20 pada Mei 2023.

Selain itu Timnas Indonesia juga akan tampil di satu turnamen penting, yakni Piala Asia 2023 yang akan digelar di Qatar. Hingga saat ini AFC belum memastikan jadwal pasti, dengan kemungkinan besar digelar akhir 2023.

[Gambas:Video CNN]

(jun/ptr)







Sumber: www.cnnindonesia.com