Bola  

Kenapa Indonesia di Pot 4?

Jakarta, CNN Indonesia

Pengundian atau drawing Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung di Doha, Qatar, Kamis (23/11) sore . Lantas mengapa Timnas Indonesia U-23 berada di pot 4?

Timnas Indonesia U-23 melangkah ke putaran final Piala Asia U-23 2024 usai menghajar Taiwan 9-0 dan membungkam Turkmenistan 2-0 pada fase kualifikasi yang berlangsung pada September lalu.

Deret kemenangan yang meyakinkan itu tak membuat Indonesia otomatis menjadi unggulan pada saat drawing atau pengundian fase grup Piala Asia U-23 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seperti pada drawing ajang sepak bola internasional, negara-negara atau kesebelasan yang akan tampil dibagi ke dalam beberapa pot. Dalam Piala Asia U-23 2024 terdapat 16 peserta yang dibagi ke dalam empat pot.

Tiap-tiap pot berisi empat negara. Pot 1 adalah unggulan yang terdiri dari Qatar, Arab Saudi, Uzbekistan, dan Jepang.

Sedangkan pot 2 berisi Australia, Korea Selatan, Irak dan Vietnam. Untuk pot ketiga dihuni Thailand, Yordania, Uni Emirat Arab, dan Kuwait.

Sementara Indonesia berada di pot 4 bersama Malaysia, Tajikistan, dan China.

Indonesia mendapat tempat di pot keempat atau tidak masuk dalam unggulan karena pembagian pot ditentukan kiprah pada Piala Asia U-23 edisi sebelumnya.

Selain Qatar yang merupakan tuan rumah Piala Asia U-23 2024, tiga negara lain yang ada di pot 1 merupakan penghuni tiga besar Piala Asia U-23 2022. Arab Saudi berstatus sebagai juara bertahan, Uzbekistan menempati peringkat kedua, dan Jepang menduduki peringkat ketiga usai mengalahkan Australia.

Tim Soccerroos yang merupakan peringkat keempat pada Piala Asia U-23 tahun lalu menempati pot 2 bersama Korea Selatan, Irak, dan Vietnam yang merupakan perempat finalis Piala Asia U-23 2022.

Sedangkan empat negara yang tergabung di pot 3 yakni Thailand, Yordania, UEA, dan Kuwait merupakan peserta Piala Asia U-23 2022 yang terhenti di babak grup.

Adapun Indonesia dan China tidak mengikuti Piala Asia U-23 tahun lalu. Kedua negara berada di pot 4 bersama Malaysia dan Tajikistan yang dua tahun lalu menjadi juru kunci pada fase grup Piala Asia U-23 2022.

Dengan menempati pot 4, Indonesia bakal menghadapi salah satu dari negara-negara penghuni pot 1, 2, dan 3 sehingga Shin Tae Yong akan menghadapi tugas tak mudah membawa Pratama Arhan dan kawan-kawan berlaga di Qatar pada 15 April – 3 Mei 2024.

[Gambas:Video CNN]

(nva/jun)


Sumber: www.cnnindonesia.com