Bola  

Kenapa Gol Bruno Fernandes Sah Walau Rashford Offside?

Kemenangan Manchester United di Liga Inggris diwarnai kontroversi karena Marcus Rashford offside sebelum Bruno Fernandes bobol gawang Manchester City.

Jakarta, CNN Indonesia

Kemenangan Manchester United di Liga Inggris diwarnai kontroversi karena Marcus Rashford dalam posisi offside sebelum Bruno Fernandes bobol gawang Manchester City.

Bertanding di Stadion Old Trafford, Man City sebenarnya mampu unggul lebih dulu lewat sundulan Jack Grealish pada menit ke-60 usai memanfaatkan umpan silang Kevin De Bruyne.

Namun, Man Utd mampu membalikkan skor menjadi 2-1 lewat gol Bruno Fernandes di menit ke-78 dan tembakan Rashford pada menit ke-82 .

Gol penyama kedudukan yang dicetak Bruno Fernandes menjadi sorotan. Sebab, sebelum Fernandes mengambil bola, Rashford yang berada dalam posisi offside tampak bergerak lebih dulu.

Perayaan gol sempat ditunda sejenak karena wasit harus meninjau VAR. Tapi, gol tetap disahkan karena Rashford dianggap tak terlibat langsung dengan bola dan tak menyentuh bola meski dalam posisi offside.

Gol penyama skor ini jadi perdebatan di media sosial karena dalam tayangan ulang, Rashford dekat dengan bola dan berpotensi mengecoh bek atau kiper lawan sebelum bola dikuasai Fernandes.

Akan tetapi gol Fernandes jadi sah karena merujuk peraturan IFAB, Rashford tidak terlibat langsung dengan bola serta tidak menyentuh bola meski dalam posisi offside.

Rashford juga dianggap tidak mengganggu pemain lawan karena posisinya jauh dari pemain belakang dan juga kiper Man City Eder Soraes.

[Gambas:Video CNN]

(jun)




Sumber: www.cnnindonesia.com