Bola  

Jika Poin Bagnaia dan Martin Sama, Siapa Juara MotoGP 2023?

Francesco Bagnaia dan Jorge Martin berpeluang mengemas poin yang sama pada akhir balapan MotoGP Valencia 2023.

Jakarta, CNN Indonesia

Francesco Bagnaia dan Jorge Martin hanya berselisih tipis jelang seri penutup MotoGP Valencia 2023, lantas siapa yang akan menjadi juara jika perolehan poin akhir keduanya sama?

Bagnaia saat ini menempati peringkat teratas di klasemen pembalap dengan 442 poin. Sedangkan Martin mengumpulkan 428 poin atau hanya terpaut 14 poin.

Dengan kondisi seperti itu, kedua pembalap sama-sama memiliki kans menjadi juara. Selain kans saling mengungguli satu sama lain, hal lain yang mungkin terjadi adalah Bagnaia dan Martin memiliki poin yang sama.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hal itu akan terjadi semisal Bagnaia menempati posisi kelima dan Martin menjadi juara. Maka keduanya akan mengemas 453 poin.

Selain itu ada beberapa skenario lagi yang memungkinkan kedua pembalap meraup poin yang sama, seperti seandainya Bagnaia finis ke-10 dan Martin menyelesaikan balapan di posisi runner up atau Bagnaia finis ke-14 dan Martin mengakhiri balapan di peringkat ketiga.

Jika kedua pembalap tersebut memiliki poin yang sama, maka siapa yang berhak atas gelar juara dunia MotoGP 2023?

Bagnaia dipastikan bisa menjadi juara dunia seandainya perolehan poinnya sama seperti Martin. Hal itu dikarenakan Bagnaia memiliki jumlah kemenangan balapan full race yang lebih banyak ketimbang Martin.

Sejauh ini Bagnaia sudah mencatatkan kemenangan sebanyak enam kali, yakni di MotoGP Potugal, MotoGP Spanyol, MotoGP Italia, MotoGP Belanda, MotoGP Austria, dan MotoGP Mandalika.

Sementara Martin baru meraih empat kemenangan yang dibukukan di MotoGP Jerman, MotoGP San Marino, MotoGP Jepang, dan MotoGP Thailand.

Martin memiliki jumlah kemenangan yang lebih banyak pada balapan sprint race dibanding Bagnaia, namun hal itu tidak berpengaruh dalam tie break penentuan gelar juara bila dua pembalap memiliki poin yang sama.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)

Sumber: www.cnnindonesia.com