Bola  

Jay Idzes dan Nathan Ditunggu Ambil Sumpah WNI

Pemain dari klub Belanda Go Ahead Eagles, Jay Idzes, mengaku ingin memperkuat Timnas Indonesia. Berikut profil Jay Idzes.


Jakarta, CNN Indonesia

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga menyatakan dokumen Keputusan Presiden (Keppres) naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe A On sudah terbit. Kedua pemain pun kini dinanti untuk melakukan sumpah setia.

“Saat ini kami sedang menunggu waktu yang dimiliki Jay Idzes dan Nathan [Tjoe A On] untuk ke Indonesia dan mengambil sumpah,” kata Arya dalam keterangan resmi, Senin (11/12).

“Pastinya Pak Presiden Jokowi sudah mengeluarkan Keppres kewarganegaraan untuk Jay dan Nathan. Sehingga dengan langkah ini maka kita tinggal menunggu waktu yang dimiliki Jay dan Nathan ke Indonesia sehingga bisa mengambil sumpah,” ujarnya menambahkan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Arya belum bisa menyampaikan lebih detail tentang perkiraan jadwal sumpah WNI untuk Jay Idzes dan Nathan Tjoe A On.

“Jadi inilah proses-proses naturalisasi sehingga kami berharap Jay dan Nathan bisa segera ke Indonesia untuk proses yang lebih cepat,” ucapnya.

Lebih lanjut Arya menyatakan pihaknya sudah mengirim surat kepada FIFA soal perpindahan federasi Justin Hubner.

Proses administrasi Justin Hubner sudah selesai setelah pemain 20 tahun itu telah mengantongi paspor Indonesia. Sebelumnya, Hubner telah menjalani sumpah setia WNI dan mengurus KTP Indonesia.

“Hubner sekarang sudah selesai semuanya dan kami sedang menunggu surat perpindahan federasinya di FIFA. Kami sudah kirim surat ke FIFA,” kata dia.

Dengan resmi menyandang status dan memiliki dokumen sah sebagai WNI, maka Justin Hubner sudah bisa didaftarkan ke Piala Asia 2023 (2024) untuk membela Timnas Indonesia. Namun untuk bisa merumput, proses perpindahan federasi harus selesai terlebih dahulu.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/ptr)

Sumber: www.cnnindonesia.com