Bola  

Isi Surat FIFA ke CBF, Ancam Coret Brasil dari Semua Kompetisi

Kroasia dan Brasil jadi dua tim terbaru yang lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022. Berikut daftar tim lolos perempat final Piala Dunia 2022.


Jakarta, CNN Indonesia

FIFA mengirimkan surat resmi kepada Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) soal ancaman sanksi pembekuan akibat adanya intervensi dari pihak ketiga dalam hal ini Pengadilan Rio de Janeiro. Berikut isi surat FIFA kepada CBF yang mengancam pembekuan CBF dan coret timnas Brasil dan klub Brasil dari semua kompetisi internasional.

FIFA mengirimkan surat resmi kepada CBF pada 24 Desember 2023. Surat itu dikirim oleh Kenny Jean Marie dari FIFA dan Monserrat Jimenez Granda dari Conmebol.

Surat ini diterima oleh mantan Sekretaris Jenderal CBF Alcino Reis yang jabatannya telah diberhentikan Pengadilan Rio de Janeiro. Berikut isi surat resmi FIFA kepada CBF dikutip dari Media Brasil, UOL.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Seperti yang diinformasikan sebelumnya kepada CBF, FIFA dan Conmebol akan mengirimkan misi bersama ke Brasil pada 8 Januari untuk bertemu dengan pihak-pihak yang terlibat dan memeriksa situasi saat ini dan bekerja sama untuk menemukan solusi terhadap masalah saat ini demi memenuhi penerapan peraturan CBF dan otonominya,” tulis FIFA.

“FIFA dan Conmebol sangat menekankan bahwa, sebelum misi ini dilaksanakan, tidak ada keputusan yang mempengaruhi CBF, termasuk pemilu atau penjadwalan pemilu, yang boleh diambil. Jika hal ini tidak dipatuhi, FIFA tidak mempunyai pilihan selain merujuk masalah ini ke badan pengambil keputusan yang relevan untuk dipertimbangkan dan diambil keputusannya, yang mungkin juga mencakup pembekuan,” tulis FIFA.

“Dalam hal ini, demi menjaga ketertiban, kami juga ingin menunjukkan bahwa jika CBF pada akhirnya dibekukan oleh FIFA, mereka akan kehilangan semua hak mereka sebagai anggota hingga skorsing tersebut dicabut oleh FIFA. Hal ini juga berarti bahwa perwakilan CBF dan tim klub tidak lagi dapat berpartisipasi dalam kompetisi internasional apa pun selama CBF ditangguhkan. Selain itu, baik CBF maupun anggotanya tidak akan mendapatkan manfaat dari program pengembangan, kursus atau pelatihan dengan FIFA dan atau Conmebol selama berlakunya penangguhan itu,” tulis FIFA.

Jika akhirnya FIFA menjatuhkan hukuman untuk CBF, maka seluruh kelompok umur timnas Brasil, baik putra dan putri, ditambah klub-klub Brasil, dilarang tampil di kompetisi di bawah payung FIFA.

Dalam waktu dekat, timnas Brasil akan tampil pada ajang Copa America 2024 di Amerika Serikat, Juni-Juli 2024. Selain itu Tim Samba juga tidak akan bisa bermain pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 jika dihukum FIFA.

[Gambas:Video CNN]

(rhr)

Sumber: www.cnnindonesia.com