Bola  

Indonesia Unggul 2-0 Atas Brunei

Jelang Brunei vs Indonesia di Piala AFF 2022, Shin Tae Yong mengeluarkan pembelaan untuk Ilija Spasojevic dan striker Timnas Indonesia yang mendapatkan kritik.

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia berhasil unggul 2-0 atas Brunei Darussalam di babak pertama dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12).

Timnas Indonesia mendapatkan peluang pertama mencetak gol melalui sepakan Saddil Ramdani pada menit ketujuh.

Peluang itu muncul dari umpan Syahrian Abimanyu kepada Edo di sisi kiri. Akan tetapi kontrol Edo kurang dan langsung disambut Saddil dengan tendangan kaki kiri.

Akan tetapi tendangan Saddil menyamping tipis di sisi kiri gawang Brunei. Dendy Sulistyawan yang berada di depan gawang Brunei juga tidak mampu menjangkau bola tendangan Saddil tersebut.

Indonesia membutuhkan waktu 20 menit untuk membuka keunggulan lewat sepakan Syahrian Abimanyu dari luar kotak penalti Brunei.

Gol ini berawal dari serangan balik yang dibangun Indonesia. Egy yang menerima bola di lini tengah mengirimkan umpan terobosan kepada Dendy di sisi kiri.

Kemudian Dendy memberikan umpan pendek ke Spaso dan diteruskan kepada Syahrian. Dengan sekali kontrol Syahrian langsung melepaskan tembakan melengkung yang berhasil membobol gawang Brunei.

Pada menit ke-24, bek Brunei melakukan blunder dengan menyundul bola ke arah gawang sendiri namun beruntung kiper Brunei masih sigap mengamankan bola.

Pada menit ke-28 Indonesia kembali mendapatkan peluang emas lewat Dendy. Namun tendangan voli Dendy meneruskan umpan crossing Edo masih terlalu tinggi.

[Gambas:Video CNN]

Di menit ke-35 Indonesia kembali mengancam gawang Brunei lewat tendangan bebas Saddil Ramdani. Saddil yang melepaskan tembakan dengan kaki kirinya mampu mengarahkan bola dengan akurat ke gawang Brunei, namun bola masih dapat ditepis kiper lawan dan membentur tiang sebelah kiri.

Pada menit ke-39 Indonesia mendapat keuntungan karena Brunei harus bermain dengan 10 pemain setelah Alinur Jufri diusir wasit usai mendapatkan kartu kuning kedua.

Pada menit ke-41, Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat Dendy Sulistyawan usai meneruskan sontekan Saddil Ramdani setelah memanfaatkan umpan silang Asnawi Mangkualam.

Indonesia berhasil menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 atas Brunei.

Susunan Pemain Brunei vs Indonesia di Piala AFF 2022:

Timnas Brunei Darussalam XI:Haimie Abdullah Nyaring, Alinur Jufri,Khairil Suhaimi, Hanif Hamir, Wafi Aminuddin, Shafie Efenddy, Hakeme Yazid, Naziruddin Ismail, Najib Tarif, Hendra Idris, Abdul Azizi Rahman

Timnas Indonesia XI: Nadeo Arga Winata; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Hansamu Yama, M Edo Febriansah; Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani; Dendy Sulistyawan, Ilija Spasojevic, dan Egy Maulana Vikri

(rhr/sry)







Sumber: www.cnnindonesia.com