Bola  

Indonesia Kalah 0-4 dari Australia, Angkat Koper dari Piala Asia

Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Australia dan tersingkir di 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Minggu (28/1).


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Australia dan tersingkir di 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Minggu (28/1).

Dua gol kemenangan Australia ke gawang Indonesia tercipta di babak pertama. Meski tertinggal dua gol, Timnas Indonesia lebih menguasai laga dan banyak peluang untuk mengancam gawang Australia.

Hingga sepuluh menit, laga berjalan imbang. Namun Australia berhasil membuka keunggulan melalui gol bunuh diri Elkan Baggott. Gol Australia terbilang beruntung setelah bola umpan silang Jakcson Irvine mengenai Baggott dan berubah arah hingga masuk ke gawang Ernando Ari.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia merespons pada menit ke-23. Permainan umpan-umpan pendek tim Garuda dimanfaatkan Justin Hubner untuk melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Sayang, tendangan Hubner masih lemah dan bisa dengan mudah diantisipasi kiper Australia Matt Ryan.

Timnas Indonesia kemudian mendapat dua peluang lagi. Pertama terjadi pada menit ke-39 melalui Yakob Sayuri dan Marselino Ferdinan menit ke-41. Tapi kedua peluang yang dimiliki Indonesia masih melambung.

Terus menyerang, gawang Indonesia justru kembali kebobolan pada menit ke-45 melalui Martin Boyle. Lolos dari kawalan Asnawi, Boyle dengan bebas menyundul bola hasil umpan silang Gethin Jones dari sisi kanan. Skor 2-0 untuk Australia bertahan hingga akhir babak pertama.

Di awal babak kedua tempo permainan sedikit menurun. Australia yang sudah unggul dua gol terlihat kurang agresif dalam membangun serangan dan lebih mengandalkan permainan fisik.

Jarang ada peluang bagus yang diciptakan kedua tim di sepanjang babak kedua. Sementara usaha Shin Tae Yong untuk mengubah permainan dengan memasukkan Witan Sulaeman dan Rizky Ridho juga tidak membuahkan hasil positif.

Peluang emas di babak kedua baru terjadi pada menit ke-81 ketika Mitchell Duke berhasil lolos dari kawalan Elkan Baggott. Beruntung bagi Indonesia, Duke tidak mampu melakukan penyelesaian akhir meski tinggal berhadapan dengan Ernando Ari setelah tendangannya melambung.

Australia akhirnya menambah keunggulan pada menit ke-89 lewat gol Craig Goodwin. Berawal dari sundulan Irvine yang sukses diblok Ernando Ari, Goodwin yang tidak terkawal berhasil melepaskan tendangan yang membobol gawang Indonesia.

Gawang Indonesia kebobolan untuk kali keempat saat injury time babak kedua berjalan satu menit melalui sundulan Harry Souttar menerima umpan tendangan bebas Goodwin. Skor 4-0 untuk Australia bertahan hingga laga usai.

Di babak perempat final Piala Asia 2023, Jumat (2/2), Australia akan menghadapi pemenang antara Arab Saudi vs Korea Selatan.

Susunan pemain

Australia: Mathew Ryan; Kyle Rwles, Jordan Bos (Nathaniel Atkinson, 87′), Harry Souttar, Gethin Jones (Conor Metcalfe, 69′), Aziz Behich; Riley McGree (Nathaniel Atkinson, 61′), Keanu Baccus (Craig Goodwin, 87′), Jackson Irvine; Martin Boyle, Bruno Fornaroli (Mitchell Duke, 61′).

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi (PG); Asnawi Mangkualam (Witan Sulaeman, 57′), Sandy Walsh, Jordi Amat, Elkan Baggott, Shayne Pattynama; Yakob Sayuri (Rizky Ridho, 75′), Ivar Jenner, Justin Hubner, Marselino Ferdinan; Rafael Struick.

[Gambas:Video CNN]

(har)


Sumber: www.cnnindonesia.com