Bola  

Indonesia Cetak Sejarah di Piala Asia, Ini Gila

Bek Timnas Indonesia Jordi Amat menyebut sukses menciptakan sejarah baru dengan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 sebagai momen yang gila.


Jakarta, CNN Indonesia

Bek Timnas Indonesia Jordi Amat menyebut sukses menciptakan sejarah baru dengan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 sebagai momen yang gila.

Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 lewat jalur peringkat ketiga terbaik dari Grup D. Kepastian itu setelah Oman ditahan imbang Kirgistan 1-1 pada laga pemungkas Grup F, Kamis (25/1).

“Kita mencetak sejarah. Ini gila. Kita berhak mendapatkannya karena kami ada di grup yang berat, tapi kita berhasil mewujudkannya,” kata Jordi dalam keterangan resmi PSSI, Jumat (26/1).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hasil imbang laga Oman vs Kirgistan membuat Timnas Indonesia bisa mengamankan tiket terakhir tim peringkat ketiga terbaik. Tim asuhan Shin Tae Yong itu berhak lolos karena unggul poin atas Oman yang menempati posisi kelima klasemen tim peringkat tiga terbaik.

Jordi Amat mengatakan sukses Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 merupakan hasil dari kerja keras skuad Garuda.

“Kami berjuang bersama-sama. Ini adalah keluarga yang besar, semua pemain mengerahkan segalanya untuk kostum ini. Kita harus bangga dengan momen ini, mari berjuang dan kami akan melakukan semuanya di babak berikutnya. Saya percaya kami bisa menghadirkan pertandingan yang baik,” ucap Jordi Amat.

Skuad Garuda mengoleksi tiga poin dari tiga laga sedangkan Oman hanya memetik dua poin dari tiga pertandingan. Indonesia lolos bersama tiga tim peringkat ketiga terbaik lainnya yakni Yordania, Palestina, dan Suriah.

Hasil itu sekaligus menjadi sejarah tersendiri bagi Timnas Indonesia. Tim Merah Putih untuk kali pertama lolos ke babak 16 besar Piala Asia sejak debutnya di Piala Asia 1996.

Sebelum Piala Asia 2023, Indonesia sudah empat kali ikut Piala Asia pada 1996, 2000, 2004, dan 2007. Dari perjalanannya tim Merah Putih selalu terhenti di fase grup.

Karena itu pencapaian Timnas Indonesia menjadi spesial saat ini. Terlebih karena target lolos babak 16 besar terpenuhi. Di babak 16 besar, Indonesia akan melawan Australia pada Minggu (28/1).

[Gambas:Video CNN]

(ikw/har)


Sumber: www.cnnindonesia.com