Bola  

Idealisme Mantan Atlet Jadi Caleg dan Bertarung di Pemilu 2024

Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dijadikan sarana sejumlah mantan atlet nasional untuk mengedepankan idealismenya di bidang olahraga.

Jakarta, CNN Indonesia

Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dijadikan sarana sejumlah mantan atlet nasional untuk mengedepankan idealismenya di bidang olahraga.

Tak hanya kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, posisi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) jadi sasaran. Mereka ini ada perwakilan olahragawan sebagai calon anggota dewan.

Harijanto Arbi, legenda bulutangkis Indonesia, adalah salah satu yang maju sebagai calon anggota DPR RI. Kali ini Arbi bertarung di wilayah ‘neraka’ Jakarta II.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada Pileg sebelumnya Arbi bertarung di daerah pemilihan Kudus, Jawa Tengah. Saat itu Arbi mendapat ribuan suara, tetapi belum cukup untuk bertarung ideologi di Senayan, Jakarta.

“Selama ini kan olahraga salah satu yang mempersatukan kita, tetapi perhatiannya kan masih belum maksimal,” kata Arbi saat berbincang dengan CNNIndonesia.com pada awal Januari 2024.

“Kalau bisa masuk di DPR lebih bisa memperjuangkan aspirasi teman-teman olahragawan. Masuk tidak masuk [di DPR nantinya] kita hanya berusaha. Semua Tuhan yang menentukan,” ucapnya.

Sebagai mantan atlet yang hidup dengan beberapa bisnis, modal Arbi bertarung di Pileg terbilang tidak besar. Tanpa menyebut angka, Arbi menyebut modal utamanya kerja keras.

Hampir setiap hari, Arbi melakukan silaturahmi politik. Minimal dua lokasi didatangi Arbi per hari. Selain untuk sosialisasi diri, ia mencoba menjaring aspirasi masyarakat.

“Fasilitas [yang paling dikeluhkan masyarakat]. Selalu itu setiap saya ketemu masyarakat. Perlu tempat untuk diperbaiki. Keluhanannya itu biasanya dari masyarakat,” ujarnya

“Kalau soal modal saya tidak besar. Masih kalah sama yang tenar-tenar. Lihat saya balihonya. Yang ada di mana-mana itu besar. Saya cuma ada di beberapa titik saja,” katanya.

Bersambung ke halaman kedua >>>


Sumber: www.cnnindonesia.com