Bola  

Final Piala Afrika: Nigeria vs Pantai Gading

Final Piala Afrika bakal mempertemukan duel Nigeria vs Pantai Gading. Keduanya sukses melalui laga semifinal yang sengit.


Jakarta, CNN Indonesia

Final Piala Afrika bakal mempertemukan duel Nigeria vs Pantai Gading. Keduanya sukses melalui laga semifinal yang sengit.

Duel Nigeria vs Pantai Gading akan jadi pemuncak turnamen Piala Afrika edisi kali ini. Keduanya sukses merebut tiket final pada Kamis (8/2) dini hari WIB.

Nigeria jadi tim pertama yang lolos ke babak final Piala Afrika. Nigeria menang atas Afrika Selatan lewat adu penalti.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adu penalti terjadi setelah skor imbang 1-1. Nigeria sempat memimpin lewat gol penalti William Troost Ekong di menit ke-67 namun Afrika Selatan bisa menyamakan kedudukan di pengujung laga lewat penalti Teboho Mokoena.

Dalam adu penalti, Mokoena jadi salah satu algojo yang gagal mennaikan tugasnya, begitu juga dengan Evidence Makgopa. Di kubu Nigeria, hanya Ola Aina yang tak mampu menceploskan bola. Penalti dari Kelechi Iheanacho lalu memastikan Nigeria melaju ke final dengan kemenangan 4-2 dalam drama adu penalti.

Dengan keberhasilan lolos ke final, Nigeria punya peluang untuk merebut gelar juara Piala Afrika untuk keempat kalinya. Mereka sebelumnya jadi juara di edisi 1980, 1994, dan 2013.

Sedangkan Pantai Gading berhasil melaju ke partai puncak usai mengalahkan tim kejutan, Kongo. Pantai Gading menang dengan skor tipis 1-0 lewat gol yang dicetak oleh Sebastian Haller.

Keberhasilan Pantai Gading lolos ke babak final membuat mereka membuka peluang meraih gelar Piala Afrika untuk ketiga kalinya. Sebelumnya Pantai Gadng prnah juara di edisi 1992 dan 2015.

Pantai Gading punya modal tambahan lantaran mereka berstatus sebagai tuan rumah Piala Afrika tahun ini.

[Gambas:Video CNN]

(ptr)

Sumber: www.cnnindonesia.com