Bola  

FIFA Ubah Konsep Piala Dunia Antarklub, Diikuti 32 Tim Pada 2025

Presiden FIFA mengeluarkan pembelaan terhadap Qatar yang melarang penjualan bir di dalam dua luar stadion saat pertandingan Piala Dunia 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

FIFA mengubah konsep turnamen mini Piala Dunia Antarklub dari jumlah tujuh tim menjadi 32 tim pada 2025 mendatang.

Dikutip dari Sky Sports, konsep penyisihan grup Piala Dunia Antarklub dengan 32 tim itu masih akan dibahas kembali.

Rencana ‘pengembangan’ Piala Dunia Antarklub ini mulanya diluncurkan di China pada 2021 dengan jumlah 24 tim. Akan tetapi rencana itu dibatalkan karena pandemi Covid-19. Kini rencana itu diperluas pada Juni 2025.

Tidak saja Piala Dunia Antarklub yang mengalami perubahan format pada babak grup, Piala Dunia yang digelar setiap empat tahun akan bertambah dari 32 tim menjadi 48 tim pada 2026 mendatang.

Untuk Piala Dunia 2026 yang digelar di Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko dengan jumlah 48 tim, format grup akan dibahas, apakah tetap dengan 16 grup dengan masing-masing tiga tim, atau tetap dengan empat tim di tiap grup dengan total 12 grup.

“Kami menyetujui format Piala Dunia 48 tim dengan 16 grup yang terdiri dari tiga tim, di mana dua tim teratas kemudian akan pindah ke fase sistem gugur dengan 32 tim, diikuti oleh 16, delapan, empat, dan kemudian dua,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino.

Menurut Infantino, setiap grup yang berisi empat menunjukkan persaingan luar biasa di Piala Dunia. Karena itu format baru untuk junlah 48 tim masih akan ditinjau ulang.

“Di sini, grup dengan berisi empat tim benar-benar luar biasa dalam arti bahwa hingga menit terakhir pertandingan terakhir, Anda tidak akan tahu siapa yang lolos,” tutur Infantino.

“Kami harus meninjau kembali atau setidaknya mendiskusikan kembali formatnya, apakah kami memilih 16 kelompok tiga atau 12 kelompok empat. Ini adalah sesuatu yang pasti akan menjadi agenda dalam pertemuan berikutnya,” kata Infantino menambahkan.

[Gambas:Video CNN]

(sry)




Sumber: www.cnnindonesia.com