Bola  

Fathur Gustafian, Atlet ke-6 Indonesia Lolos ke Olimpiade 2024

Atlet menembak Indonesia, Fathur Gustafian, berhasil merebut tiket ke Olimpiade 2024 Paris meski hanya finis keempat pada final nomor 10 meter Air Rifle putra.


Jakarta, CNN Indonesia

Atlet menembak Indonesia, Fathur Gustafian, berhasil merebut tiket ke Olimpiade 2024 Paris meski hanya finis keempat pada final nomor 10 meter Air Rifle putra di Asian Rifle/Pistol Championship 2024, Jakarta, Rabu (10/1).

Fathur mengakhiri pertandingan dengan 208,3 poin. Medali emas direbut atlet China, Sihan Ma (251,4 poin), yang mampu mengalahkan Choe Dae Han (250,7 poin) dari Korea Selatan dan Rudrankksh Balasaheb Patil (228,7 poin) dari India.

Meski finis di posisi keempat, Fathur berhasil mendapat satu tiket lolos ke Olimpiade 2024. Pasalnya, China dan India sudah memenuhi kuota lolos dari nomor 10 meter Air Rifle putra.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ini luar biasa. Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk negara saya, federasi, keluarga saya, istri saya, anak saya juga hadir di sini untuk mendukung saya. Untuk semua yang mendukung, saya ingin mengucapkan terima kasih. Tanpa dukungan mereka, saya tidak mungkin ke Olimpiade,” ucap Fathur usai pertandingan.

“Ini Olimpiade pertama saya. Sebelumnya saya berusaha untuk mendapatkan kuota di Korea Selatan, dua kali saya gagal, tapi hari ini luar biasa. Saya akan bekerja keras, mungkin medali saya ada di Olimpiade, semuanya punya peluang,” ujar Fathur.

Pihak Kemenpora juga memastikan Fathur lolos ke Olimpiade 2024 melalui pengumuman di media sosial.

“Atlet Shooting Fathur Gustafian berhasil meraih satu tiket ke Olimpiade Paris 2024 setelah menduduki peringkat keempat pada final Asian Rifle/Pistol Championship 2024 Jakarta. Fathur menjadi wakil pertama Indonesia dari cabor Shooting,” tulis pihak Kemenpora.

Fathur menjadi atlet keenam Indonesia yang memastikan lolos ke Olimpiade Paris. Sebelumnya Indonesia sudah meloloskan atlet panah Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa, pesenam artistic Rifda Irfanalutfi, serta atlet panjat tebing Desak Made Rita dan Rahmad Adi Mulyono.

[Gambas:Video CNN]

(har)

Sumber: www.cnnindonesia.com