Bola  

Fachruddin Yakin Jordi Amat Sudah Melebur di Timnas Indonesia

Kapten Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto mengaku sudah memahami karakter bermain Jordi Amat sebelum tampil di Piala AFF 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Kapten Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto mengaku sudah memahami karakter bermain Jordi Amat sebelum tampil di Piala AFF 2022.

Jordi merupakan pemain naturalisasi. Bek kelahiran Spanyol ini baru mendapatkan status kewarganegaraan Indonesia pada November 2022. Piala AFF 2022 akan menjadi debut Jordi di Timnas Indonesia.

Meski Jordi baru menjalani proses naturalisasi, Fachruddin yang juga berposisi sebagai bek, mengaku tak terkendala dengan kehadiran Jordi. Itu karena Jordi telah bergabung dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Bali selama sebulan.

“Saya bersyukur karena Jordi Amat bisa bergabung dari awal. Mungkin dari TC di Bali lebih awal itu bisa membantu saya ataupun teman-teman yang lain untuk memahami karakter Jordi, atau pun Jordi bisa memahami karakter kami semua,” kata Fachruddin.

Hadirnya Jordi diyakini Fachruddin akan menambah kuat tim Garuda. Kemungkinan besar Fachruddin akan berduet dengan Jordi saat Timnas Indonesia berduel dengan Kamboja pada Jumat (23/12) sore.

Meski tim Merah Putih datang ke turnamen dwitahunan ini tanpa uji coba dan sebagian besar pemain tak tampil di kompetisi selama dua bulan, Fachruddin enggan mencari alasan. Baginya yang terpenting saat ini kerja keras dan fokus.

“Terus, meskipun tidak ada uji coba [sebelum tampil di Piala AFF 2022], tapi kemarin ada dua kali game internal yang sangat membantu kami untuk beradaptasi,” ucap pemain Madura United tersebut saat jumpa pers sebelum pertandingan.

Fachruddin yang sebelumnya sudah tampil lima kali di Piala AFF, yakin Timnas Indonesia bisa keluar sebagai juara. Skuad kali ini dianggap komplet dan penuh pengalaman, karena diisi mayoritas pemain jebolan Piala AFF 2020 (2021).

“Terutama yang tahun terakhir kemarin bahwa kita banyak dihuni pemain muda, terus sekarang ada kombinasi naturalisasi dengan pemain yang kemarin juga sudah banyak pengalaman di laga internasional. Saya berharap tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya,” kata Fachruddin.

“Terus, tak ada kompetisi ya, oke memang kita sebagai pemain juga bisa merasakan, tapi kita juga tak mau menjadikan itu alasan. Kita harus berjuang apapun kondisinya bahwa kita sudah di depan mata untuk turnamen tersebut,” ucapnya dengan tegas.

[Gambas:Video CNN]

(abs/ptr)




Sumber: www.cnnindonesia.com