Bola  

Euro 2024 Gunakan Bola ‘Ajaib’ Deteksi Handball

UEFA siap menggunakan teknologi khusus untuk mendeteksi handball demi menghindari kontroversi di Euro 2024.

Jakarta, CNN Indonesia

UEFA siap menggunakan teknologi khusus untuk mendeteksi handball demi hindari kontroversi di Euro 2024.

Mirror melaporkan, UEFA akan menggunakan teknologi microchip yang disematkan di dalam bola terbaru keluaran Adidas bernama Fussballliebe.

Teknologi ini dapat membantu petugas VAR untuk mengidentifikasi setiap sentuhan bola yang dilakukan pemain.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Teknologi baru ini diharapkan bisa mengurangi waktu analisis ketika ada insiden handball di kotak penalti yang membutuhkan keputusan jelas dari petugas VAR.

VAR yang semula diagung-agungkan sebagai teknologi untuk menghilangkan keputusan kontroversi di lapangan, hingga kini masih belum sempurna.

Perdebatan masih kerap muncul lewat keputusan-keputusan keliru yang diambil sang pengadil kendati sekalipun sudah meninjau VAR.

Teranyar, wasit masih keliru membuat keputusan penalti untuk Paris Saint Germain lantaran menganggap pemain Newcastle Tino Livramento handball di kotak terlarang.

Keputusan itu dibuat setelah wasit meninjau ulang VAR. Kendati demikian, keputusan tersebut dianggap kontroversi dan tidak sesuai.

Nah, teknologi khusus handball diharapkan bisa membantu wasit untuk membuat keputusan lebih akurat. Wasit harus bisa menentukan sebuah gol harus dianulir jika dicetak “langsung dari tangan atau lengan mereka meskipun tidak disengaja atau pada saat proses build-up.

[Gambas:Video CNN]

(har)

Sumber: www.cnnindonesia.com