Bola  

Erick Thohir Pastikan Maarten Paes Akan Jalani Proses Naturalisasi

Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes memiliki statistik gemilang bersama FC Dallas di Major League Soccer (MLS) 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan kiper FC Dallas Maarten Paes yang bermain di Major League Soccer (MLS) akan menjalani proses naturalisasi demi membela Timnas Indonesia.

Erick mengatakan Paes datang dari Dallas, Amerika Serikat untuk bertemu dengan dirinya. Paes juga disebut Erick sudah berpamitan dengan nenek dan orang tuanya untuk memperkuat Timnas Indonesia.

“Seperti nanti malam saya akan makan sama Maarten Paes, jauh-jauh dari Dallas, dari Amerika Serikat,” ujar Erick kepada awak media di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (8/1).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kiper utama FC Dallas. Ketika dia ketemu neneknya, orang tuanya untuk pamitan memperkuat tim Indonesia, nangis keluarganya. Jadi dia memperkuat,” ia melanjutkan.

Erick mengungkapkan rencana menaturalisasi Paes ini sebagai upaya untuk membentuk Timnas Indonesia yang tangguh. Paes akan mengikuti jejak sejumlah pemain lain termasuk Thom Haye yang sudah menyatakan kesediaan untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Sebelum itu, nama-nama seperti Jay Idzes, Justin Hubner hingga Shayne Pattynama telah resmi jadi Warga Negara Indonesia. Nama lain seperti pemain Swansea City, Nathan Tjoe A-On juga hanya tinggal menunggu waktu sebelum resmi bisa memperkuat Timnas Indonesia.

“Ini kita membangun momentum besar. Kita punya generasi emas U-22 ke bawah, generasi emas nih, kemarin juara SEA Games. Ditambah banyak pemain muda diaspora yang ingin gabung, seperti Ivar [Jenner], Rafael [Struick], Nathan, Justin,” katanya.

“Ini bagus. Tetapi cukup, gak? Tidak. Seperti yang saya bilang, kita harus punya tim senior 2×11 [pemain] yang sama kekuatannya.”

Maarten Paes meniti perjalanan sepak bola di akademi VV Union. Ia kemudian pindah ke akademi kota kelahirannya, NEC Nijmegen pada 2012.

Salah satu tim besar Belanda, FC Utrecht kemudian merekrut Maarten Paes dengan memberi kontrak berdurasi empat tahun pada 2018. Ia mencatat debut di kasta tertinggi Liga Belanda, Eredivisie pada 19 Agustus 2018 saat melawan PEC Zwolle.

Ia juga pernah membela timnas Belanda U-19 di Euro U-19 2016 dan 2017. Kemudian Maarten Paes sempat berseragam kelompok umur U-20 dan U-21 untuk negara asalnya.

Paes kini berseragam FC Dallas. Di klub barunya ini, ia sudah membukukan 70 penampilan dengan torehan 17 clean sheet dan 75 kali kebobolan.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/jal)

Sumber: www.cnnindonesia.com