Bola  

Erick Respons Gol Kontroversi Irak ke Gawang Indonesia

Eks kapten Timnas Indonesia Charis Yulianto mengungkap kesulitan menghadapi lawan dari Timur Tengah saat berlaga di Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Ketua PSSI Erick Thohir merespons gol kontroversi Irak ke gawang Timnas Indonesia pada laga perdana Grup D Piala Asia 2023.

Gol kedua Irak saat mengalahkan Timnas Indonesia 3-1 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Senin (15/1), menjadi sorotan. Pihak Timnas Indonesia mengklaim gol Osama Rashid tidak sah.

PSSI kemudian protes resmi kepada Konfederasi Sepak Bola (AFC) usai laga Indonesia vs Irak. Manajer Timnas Indonesia yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Erawan, mengakui protes tidak akan mengubah hasil melawan Irak. Namun, setidaknya protes resmi itu bisa membuat AFC melakukan perbaikan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kalau itu bagian dari ini [pertandingan] saja. Kalau saya bilang itu sudah terjadi, ya sudah terjadi. Kalau kita bicara untuk pemasukan ya itu welcome saja. Nanti di Liga Indonesia juga mau pake VAR katanya kan. Pasti masih banyak kontroversi,” kata Erick.

Kontroversi gol kedua Irak muncul karena beberapa detik sebelum gol Rashid, ada sebuah sequence of play di mana Mohanad Ali terlihat dalam posisi offside saat menyundul bola di depan gawang Indonesia yang dikawal kiper Ernando Ari.

Dalam tayangan ulang terlihat Mohanad Ali dalam posisi offside (sebelum menyundul bola) ketika Osama Rashid menendang bola menyambut umpan silang Ali Adnan. Momen inilah yang dianggap tidak sah oleh kubu Indonesia.

Nahas, wasit asal Uzbekistan Ilgiz Tantashev tetap mengesahkan gol kedua Irak. Tantashev mengesahkan gol kedua Irak setelah menerima keputusan wasit VAR Salman Falahi (Qatar) dan asistennya, Sivakorn Pu-Udom (Thailand).

Pelatih Shin Tae Yong pun kecewa terhadap keputusan wasit Tantashev. Ia menilai gol kedua Irak merusak jalannya pertandingan.

Meski demikian, Shin Tae Yong mengimbau anak asuhnya untuk melupakan hasil negatif di laga perdana. Asnawi Mangkualam dkk diminta fokus raih kemenangan atas Vietnam pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/jun)


Sumber: www.cnnindonesia.com