Bola  

Emas SEA Games hingga Jeka Saragih

Sepanjang 2023 bidang olahraga menghadirkan kejutan yang menyita perhatian. Berikut kejutan di dunia olahraga pada 2023.
Jakarta, CNN Indonesia

Sepanjang tahun 2023 bidang olahraga menghadirkan kejutan yang menyita perhatian. Berikut kejutan di dunia olahraga pada 2023.

Ajang olahraga jadi momen yang ditunggu-tunggu oleh publik. Ini karena beberapa turnamen tidak diselenggarakan setiap tahun.

Selain itu, penantian penonton juga disebabkan oleh kesempatan sebuah tim atau atlet untuk mencetak sejarah baru. Kejutan biasanya terjadi ketika ada pencapaian prestisius pada sebuah ajang olahraga.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kejutan olahraga di 2023 ditorehkan oleh wakil Indonesia di pentas internasional. Selain itu, ada pula kabar yang menyita perhatian dari negara lain.

Tak hanya di sepak bola, momen-momen mengesankan turut meramaikan dunia olahraga di sepanjang 2023. Berikut kejutan olahraga di 2023:

1. Medali Emas Sepak Bola SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-22 menang 5-2 atas Thailand pada pertandingan final cabor sepak bola putra SEA Games 2023 di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Selasa (16/5) malam.

Laga ini berlangsung dramatis karena harus diselesaikan hingga babak tambahan. Kesempatan Indonesia nyaris pupus ketika Thailand menyamakan kedudukan 2-2 di waktu normal.

Namun Indonesia berhasil menambah tiga gol di babak tambahan waktu. Ini adalah emas cabor sepak bola pertama sejak 32 tahun ketika terakhir memenangkan medali serupa pada SEA Games 1991 Filipina.




Timnas Indonesia berhasil jadi juara SEA Games. (REUTERS/CHALINEE THIRASUPA)

2. Piala Dunia U-17 2023

FIFA mengumumkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 pada Juni lalu. Ini jadi kejutan karena Indonesia nyaris terkena sanksi berat buntut batalnya Piala Dunia U-20 2023.

Indonesia menggantikan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Persiapan yang terbilang sempit ternyata bisa diatasi dengan penyelenggaraan spektakuler.

Piala Dunia U-17 2023 sekaligus jadi kompetisi resmi FIFA pertama di Indonesia. Tak heran ajang ini jadi monumental bagi sejarah sepak bola di Indonesia.




Pesepak bola Timnas Jerman mengekspresikan kegembiraannya seusai berhasil mengalahkan Timnas Prancis pada laga final Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/12/2023). Timnas Jerman menjuarai Piala Dunia U-17 2023 setelah mengalahkan Timnas Prancis melalui drama adu penalti dengan skor akhir 4-3, dimana sebelumnya kedua tim bermain imbang 2-2. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-17. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

3. Petualangan Baru Lionel Messi

Lionel Messi resmi bergabung dengan Inter Miami pada Juli 2023. Ini sekaligus menandakan petualangan baru La Pulga dalam karier sepak bolanya.

Setelah dua dekade berkarier di Eropa bersama Barcelona dan Paris Saint Germain (PSG), bintang timnas Argentina itu membuka lembaran baru di Amerika Serikat.

Kepindahan Messi menyita perhatian dunia. Pemilik delapan Ballon d’Or itu pun masih jadi primadona sepak bola baik di negeri Paman Sam maupun dunia sampai saat ini.




Oct 7, 2023; Fort Lauderdale, Florida, USA; Inter Miami CF forward Lionel Messi (10) acknowledges fans after the game against FC Cincinnati at DRV PNK Stadium. Mandatory Credit: Sam Navarro-USA TODAY SportsLionel Messi memutuskan pindah ke MLS.  (USA TODAY Sports via Reuters Con/Sam Navarro)

4. Debut Manis Jeka Saragih di UFC

Petarung asal Indonesia, Jeka Saragih mencatat debut di ajang Ultimate Fighting Championship (UFC) oada ajang UFC 2023 di Las Vegas, Minggu (19/11) lalu.

Jeka Saragih merupakan petarung Indonesia pertama yang tampil di UFC. Ia melawan Lucas Alexander dari Brasil sebagai lawan tarung perdananya.

Momen debut Jeka berakhir manis. Ia berhasil menumbangkan Alexander di ronde pertama hanya dalam waktu 1 menit 30 detik.

Baca lanjutan berita ini di halaman berikut >>>


Sumber: www.cnnindonesia.com