Bola  

Eko Tetap Terbang ke Kejuaraan Asia meski Cedera demi Olimpiade 2024

Eko Yuli Irawan, lifter putra Indonesia, tetap terbang ke Kejuaraan Asia Angkat Besi 2024 demi mengamankan tiket ke Olimpiade 2024.


Jakarta, CNN Indonesia

Eko Yuli Irawan, lifter putra Indonesia, tetap terbang ke Kejuaraan Asia Angkat Besi 2024 demi mengamankan tiket ke Olimpiade 2024.

Peraih medali perak Kejuaraan Dunia 2023 ini akan terbang dengan rombongan federasi angkat besi (PABSI). Eko pun turut hadir dalam pelepasan atlet di Jakarta pada Jumat (26/1) siang.

Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2024 akan berlangsung di di Tashkent, Uzbekistan pada 3-10 Februari. Untuk kejuaraan ini PABSI mengirim 12 atlet, terdiri dari empat putra dan delapan putri.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Eko diharuskan hadir di Tashkent karena diwajibkan federasi angkat besi internasional (IWF). Jika absen dalam kejuaraan dunia ini, kans Eko tampil di Paris bisa terbuang.

“Karena masih dalam masa pemulihan cedera di kaki, saya tidak akan tampil. Namun, saya wajib hadir di Tashkent sebagai syarat dari IWF,” kata Eko dalam rilis resmi PABSI.

Setelah kejuaraan di Uzbekistan, masih ada satu kejuaraan dunia lagi yang harus dihadiri Eko, yakni Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2024 di Phuket, Thailand, sebelum Olimpiade Paris 2024.

“Saya masih fokus pemulihan cedera dan memperbaiki angkatan. Insya Allah pada Kejuaraan Dunia di Phuket nanti saya bisa tampil, agar peringkat saya lebih memenuhi syarat lolos ke Olimpiade 2024,” katanya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PABSI, Joko Pramono menjelaskan, untuk lolos ke Olimpiade 2024 ada tujuh event yang diikuti lifter Indonesia. Rinciannya lima event fakultatif dan dua lainnya wajib.

“Event di Kejuaraan Asia di Tashkent ini merupakan salah satu event bersifat fakultatif. Sistem penilaiannya sekarang ini bukan sistem poin lagi, akan tetapi berdasarkan prestasi” katanya.

“Siapa yang berprestasi dalam tujuh event ini, terutama di dua event wajib, itulah yang berhak mendapat tiket Olimpiade Paris 2024,” ucap Joko menjelaskan.

Karena itu Joko mengingatkan kepada para lifter Pelatnas untuk tetap konsisten menjaga performa mereka. Jika perlu, mereka harus memperbaiki lagi catatan angkatan mereka.

“Saya meminta kepada para lifter untuk tetap fokus menatap Olimpiade 2024 yang menjadi sasaran utama kami. Terutama dalam memperbaiki catatan angkatan yang diperoleh selama ini,” ucapnya.

Daftar Lifter Indonesia yang berangkat ke Kejuaraan Angkat Besi Asia 2024

Atlet Putra

1. Ricko Saputra (61 kg)
2. Eko Yuli Irawan (67 kg)
3. Rizki Juniansyah (73 kg)
4. Rahmat Erwin Abdullah (73 kg)

Atlet Putri

1. Siti Nafisatul (45 kg)
2. Windy Cantika Aisah (49 kg)
3. Juliana Klarisa (49 kg)
4. Natasya Beteyob (59 kg)
5. Sarah (59 kg)
6. Indah Apriza (71 kg)
7. Tsabitha Ramadani (71 kg)
8. Nurul Akmal (+87 kg)

[Gambas:Video CNN]

(abs/jal)

Sumber: www.cnnindonesia.com