Bola  

Duel Kehebatan Martinez vs Livakovic

Laga Argentina vs Kroasia pada semifinal Piala Dunia 2022 akan jadi duel dua kiper tangguh Emiliano Martinez vs Dominik Livakovic, Rabu (14/12) dini hari WIB.

Jakarta, CNN Indonesia

Laga Argentina vs Kroasia pada semifinal Piala Dunia 2022 akan jadi duel dua kiper tangguh Emiliano Martinez vs Dominik Livakovic di Stadion Lusail Iconic, Rabu (14/12) dini hari WIB.

Perjalanan Argentina dan Kroasia hingga ke semifinal Piala Dunia 2022 tidak lepas dari peran Martinez an Livakovic.

Dua kiper tersebut tergolong tangguh dalam adu penalti. Karena aksi Martinez pada adu penalti melawan Belanda di babak delapan besar, La Albiceleste bisa ke semifinal.

Begitu juga dengan Kroasia, yang bisa ke babak empat besar usai menang dua kali adu penalti: melawan Jepang di babak 16 besar dan Brasil di babak delapan besar.

Pada babak delapan besar Emil Martinez mementahkan penalti Virgil van Dijk dan Steven Berghuis, sehingga Argentina menang 4-3 dalam adu penalti atas Belanda setelah kedua tim bermain imbang 2-2 hingga babak tambahan.

Sementara itu Livakovic tampil lebih gemilang dengan total menepis empat tendangan penalti dari dua adu penalti. Di babak 16 besar Livakovic menggagalkan penalti Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida, Kroasia menang 3-1 (1-1).

Penampilan apik Livakovic berlanjut saat melawan Brasil di perempat final. Kiper 27 tahun itu mementahkan penalti Rodrygo, Kroasia menang 4-2 (1-1).

Tidak cukup sampai di situ, jika bukan karena penampilan apik Livakovic yang menggagalkan peluang-peluang emas Tim Samba, Vatreni akan sulit bertahan hingga adu penalti.

Dalam 90 menit dan babak tambahan, Livakovic tercatat membuat 11 penyelamatan melawan Brasil. Ketika bersua Jepang, kiper Dinamo Zagreb ini membuat satu penyelamatan. Sedangkan dalam tiga laga babak grup, Livakovic mencetak total lima penyelamatan.

Performa lini belakang Argentina yang cukup tangguh membuat Emil Martinez tidak banyak bekerja di bawah mistar.

Dalam tiga pertandingan di grup, Martinez hanya dua penyelamatan dan satu penyelamatan melawan Australia di babak 16 besar. Saat melawan Arab Saudi dan Belanda kiper Aston Villa ini tidak membuat penyelamatan.

Melihat statistik tersebut Argentina dan Kroasia berpeluang kembali bergantung kepada performa Martinez serta Livakovic. Terlebih lagi jika pertandingan harus berlanjut hingga babak tambahan dan adu penalti.

[Gambas:Video CNN]

(sry/jal)







Sumber: www.cnnindonesia.com