Bola  

Duel Bersejarah Brunei vs Indonesia di Piala AFF

Pelatih Kamboja Ryu Hirose memuji Pratama Arhan usai timnya kalah 1-2 dari Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Jakarta, CNN Indonesia

Pertandingan Brunei vs Indonesia pada laga fase grup Piala AFF 2022 menjadi momen bersejarah bagi kedua negara.

Brunei dan Indonesia akan menjalani pertemuan pertama di kejuaraan sepak bola Asia Tenggara.

Indonesia yang selalu ikut Piala AFF sejak pertama kali diselenggarakan pada 1996 belum pernah berhadapan dengan Brunei.

Piala AFF kali ini juga bukan merupakan debut Brunei. Sebelumnya Brunei pernah ikut sekali, yakni pada Piala AFF pertama 26 tahun lalu. Pada waktu itu Indonesia dan Brunei berada di grup yang berbeda sehingga tidak bersua.

Setelah Piala AFF 1996, Brunei kerap tak ikut sebagai kontestan. Selain itu Brunei pun lebih sering kalah di fase kualifikasi. Brunei kalah saing dengan Kamboja, Laos, Myanmar, atau Timor Leste.

Ketika format kualifikasi dibuat menjadi lebih sederhana, dengan hanya mempertemukan Brunei dan Timor Leste, skuad berjuluk Tebuan alias Lebah itu juga sering menelan hasil buruk sehingga gagal tampil di putaran final.

Pada kualifikasi Piala AFF 2022, Brunei menang bisa mengatasi perlawanan Timor Leste dengan skor agregat 6-3.

Ikut untuk kali kedua, Brunei harus merasakan persaingan keras yang berujung pada kekalahan telak. Tim asuhan Mario Rivera itu dua kali kebobolan lima gol. Yang pertama kalah 0-5 dari Thailand dan takluk 1-5 dari Filipina.

Pelatih Shin Tae Yong tak membicarakan soal skor melawan Brunei. Shin hanya menyatakan fokus menghadapi laga kedua yang digelar di Malaysia.

Timnas Indonesia hanya menang 2-1 atas Kamboja pada laga pertama. Berbagai kelemahan masih terlihat di kubu Indonesia, termasuk kegagalan memaksimalkan peluang mencetak gol.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)







Sumber: www.cnnindonesia.com