Bola  

Dipecat Persebaya, Gombau Direkrut Aston Villa Latih U-21

Aston Villa resmi mengumumkan pelatih baru untuk tim kategori U-21, yakni Josep Gombau yang merupakan mantan pelatih Persebaya Surabaya di Liga 1.


Jakarta, CNN Indonesia

Aston Villa resmi mengumumkan pelatih baru untuk tim kategori U-21, Kamis (11/1), yakni Josep Gombau yang merupakan mantan pelatih Persebaya Surabaya di Liga 1.

“Aston Villa dengan bangga mengumumkan penunjukan Josep Gombau sebagai Pelatih Kepala U-21 klub yang baru,” tulis Aston Villa di laman resmi klub.

Persebaya merekrut Gombau pada 13 September 2023. Ia menggantikan Aji Santoso yang dinilai gagal mengangkat performa Bajol Ijo pada awal musim Liga 1 2023/2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun kiprah pelatih asal Spanyol ini tak berlangsung lama. Gombau hanya bertahan di Persebaya selama satu bulan. Ia dipecat oleh Persebaya pada 28 Oktober 2023.

Gombau dipecat karena performa tim tidak kunjung membaik. Bahkan rapornya lebih buruk dari Aji. Sebagai gantinya Persebaya kembali menunjuk Uston Nawawi sebagai caretaker.

Tiga bulan nganggur, mantan pelatih Australia U-23 ini dipinang Aston Villa U-21. Manajemen Aston Villa menilai Gombau sebagai sosok yang kuat dan ulet dalam pembinaan pemain.

Keputusan ini mendapat sorotan pecinta sepak bola Indonesia. Pasalnya kiprah pelatih 47 tahun ini sangat singkat di Indonesia, akan tetapi bisa menarik minta klub Liga Inggris.

“Gombau mengambil langkah pertamanya sebagai melatih bersama Amposta dan Espanyol Youth sebelum bekerja di beberapa pos pengembangan pemain di akademi muda Barcelona yang terkenal selama beberapa tahun.”

“Sejak saat itu, ia memegang posisi manajerial dan kepelatihan di klub-klub di Hong Kong, Australia, India, dan AS, sementara ia juga bekerja sebagai Pelatih Kepala untuk Ollyroos, tim Olimpiade Australia,” tulis pihak Aston Villa.

[Gambas:Video CNN]

(abs/har)

Sumber: www.cnnindonesia.com