Bola  

Dihajar Irak, Rekor Apik 35 Tahun Jepang di Piala Asia Hancur

Irak mematahkan rekor apik Jepang yang bertahan selama 35 tahun di Piala Asia usai menang 2-1 di Stadion Education City, Jumat (19/1).


Jakarta, CNN Indonesia

Irak mematahkan rekor apik Jepang yang bertahan selama 35 tahun di Piala Asia usai menang 2-1 di Stadion Education City, Jumat (19/1).

Timnas Irak membuat kejutan dengan mengalahkan calon juara Piala Asia 2023 Jepang pada pertandingan kedua Grup D.

Striker Aymen Hussein membawa Irak unggul cepat pada menit kelima usai memanfaatkan kegagalan kiper Jepang Zion Suzuki dalam membuang bola umpan silang Ali Jasim.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tepisan Suzuki tidak langsung menjauh dari gawang Jepang. Hussein yang masih di kotak penalti menyundul bola liar itu menjadi gol.

Menjelang turun minum, Aymen Hussein lagi-lagi memanfaatkan kelengahan lini belakang Samurai Biru. Hussein dengan cerman memaksimalkan umpan silang Ahmed Al Hajjaj dari sisi kiri.

Hussein lolos dari penjagaan Hiroki Ito sebelum menyundul bola dengan telak ke gawang Jepang pada menit ke-45+4.

Jepang baru bisa mencetak gol balasan sebelum pertandingan bubar. Umpan sepak pojok Reo Hatate dikonversi jadi gol oleh kapten Wataru Endo pada menit ke-90+3.

Kemenangan Irak itu tidak saja meloloskan Singa Mesopotamia ke babak 16 besar Piala Asia 2023, namun juga memutus rekor Jepang pada ajang ini.

Sebelum dikalahkan Irak, Jepang memegang rekor tidak terkalahkan di babak grup sejak edisi 1988, atau saat kali pertama tampil di Piala Asia. Selama 35 tahun, Jepang meraih 23 kemenangan dan 6 kali imbang di babak grup.

Kekalahan dari Irak membuat Jepang harus melakoni pertandingan penentuan ke babak 16 besar Piala Asia 2023 saat menghadapi Timnas Indonesia pada laga terakhir Grup D di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1).

[Gambas:Video CNN]

(sry/jun)


Sumber: www.cnnindonesia.com