Bola  

Daftar 12 Tim Negara Lolos Olimpiade Paris 2024


Jakarta, CNN Indonesia

Sebanyak 12 tim negara telah lolos ke putaran final cabang olahraga sepak bola Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Dua tim yang baru meraih tiket ke Olimpiade 2024 adalah Paraguay dan Argentina. Keduanya memastikan tiket tersebut dalam laga Pra Olimpiade zona CONMEBOL, Minggu (11/2).

Paraguay memastikan tiket setelah menang 2-0 atas Venezuela, sedangkan Argentina menang 1-0 atas Brasil. Hasil ini membuat Argentina jadi juara grup dan Paraguay sebagai runner up.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelumnya, 10 tim yang telah lolos adalah Amerika Serikat dan Republik Dominika dari zona CONCACAF, kemudian Spanyol, Israel, dan Ukraina dari zona UEFA atau Eropa.

Selanjutnya ada Maroko, Mesir, dan Mali dari zona CAF atau Afrika, lantas Selandia Baru dari OFC atau Oceania, serta Prancis sebagai tuan rumah Olimpiade 2024.

Dengan kata lain masih tersisa empat tiket tampil di Olimpiade musim panas ini. Keempat tiket tersebut akan diperebutkan perwakilan zona Asia dan Afrika.

Sebanyak tiga tiket akan diperebutkan tiga tim zona Asia di Piala Asia U-23 2024. Sedangkan satu tiket lainnya diperebutkan tim peringkat keempat Piala Asia U-23 dan Piala Afrika U-23.

Wakil Afrika yang akan bertemu dengan wakil Asia adalah Guinea. Adapun wakil Asia masih belum diketahui, karena Piala Asia U-23 2024 baru akan berlangsung pada April-Mei 2024.

Timnas Indonesia yang akan tampil di Piala Asia U-23 2024, berpeluang meraih tiket Olimpiade 2024. Shin Tae Yong, pelatih Indonesia u-23, yakin bisa melaju ke babak semifinal.

Untuk memenuhi ambisi ini, skuad Garuda Muda akan memulai pemusatan latihan pada awal Maret 2024. Beberapa laga uji coba juga telah dirancang semasa persiapan.

Daftar Tim Lolos Olimpiade 2024

CONCACAF: Amerika Serikat, Rep. Dominika
UEFA: Spanyol, Israel, Ukraina
CAF: Maroko, Mesir, Mali
OFC: Selandia Baru
CONMEBOL: Paraguay, Argentina
Tuan rumah: Prancis
AFC: (Piala Asia U-23 2024)
Play off: (AFC vs CAF)

[Gambas:Video CNN]

(abs/jun)

Sumber: www.cnnindonesia.com