Bola  

Bukan Hanya Doll, Pelatih PSM Protes Pemanggilan Pemain ke Timnas U-20

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares mengecam wasit Marjukih setelah rekor tak terkalahkan di Liga 1 2022/2023 putus setelah kalah 0-1 dari Madura United.

Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mempertanyakan mengenai pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia U-20 yang kerap bertabrakan dengan jadwal pertandingan di Liga 1. Keluhan Tavares ini seperti yang dilontarkan pelatih Persija Thomas Doll.

PSM Makassar akan menjamu Barito Putera pada laga lanjutan Liga 1, di Stadion Gelora BJ Habibie, Kamis (9/2).

Namun, sejumlah pemain pilar Tim Juku Eja dipastikan absen akibat pemanggilan Timnas Indonesia U-20 persiapan Piala Dunia U-20.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares pun mempertanyakan mengenai pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia yang kerap bertabrakan dengan jadwal pertandingan di liga.

Pemain yang tidak dapat dimainkan saat melawan Barito Putera yakni, Yakob Sayuri dan Safruddin Tahar (akumulasi Kartu), serta Dzaky Asraf dan Sultan Zaky (pemanggilan TC Timnas Indonesia U-20).

“Saya tidak dapat memainkan empat pemain saya. Perlu saya sampaikan bahwa aturan tetap aturan, kami memberikan pemain kami ke timnas pada saat timnas melakukan pemanggilan. Namun, tim lain tidak memberikan pemain-pemain mereka. Apakah aturan sama diterapkan di satu klub atau tidak,” kata Tavares, Rabu (8/2).

Dampak dari training camp yang terlalu lama, kata Tavares pemain tidak mendapatkan menit yang kompetitif dan tidak bisa bermain.

“Seperti Edgard Amping dan Rafli Asrul saat di awal-awal liga, mereka lebih lama di timnas ketimbang di klub sendiri. Ini berdampak pada saat kita latihan dan bertanding. Jika mereka di timnas hanya latihan, lari, training camp, mereka tidak mendapatkan hal-hal ini sebagai bagian dari pertandingan,” ucap Tavares.

Meski demikian, Tavares tetap mewaspadai permainan dari Barito Putera. Lantaran, pada putaran pertama melawan Laskar Antasari di kandangnya. Tim Juku Eja kesulitan mendapatkan poin penuh, hanya meraih hasil imbang 1-1.

Sementara partai sebelumnya, Barito Putera berhasil mengalahkan Bali United dengan skor 2-1 di kandangnya.

“Saya kira pertandingan ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kita. Karena mereka punya motivasi tinggi. Sebab mereka menang melawan Bali United yang notabene adalah tim yang kuat,” kata Tavares.

Pelatih asal Portugal ini mengaku telah menganalisis permainan Barito Putera dan menemukan adanya perubahan taktik dan strategi yang diterapkan oleh Laskar Antasari pada setiap pertandingan.

“Kita menganalisis 8 sampai 9 pertandingan sekaligus pertandingan terakhir mereka. Kita memperhatikan setiap perubahan, sistemnya, pergerakan-pergerakan yang mereka lakukan,” kata Tavares.

[Gambas:Video CNN]

(mir/rhr)




Sumber: www.cnnindonesia.com