Bola  

Bintang Timnas Korea Selatan Diskors Buntut Skandal Video Syur

Bintang timnas Korea Selatan Hwang Ui Jo dihukum Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) imbas dari skandal video seksual yang melibatkannya.

Jakarta, CNN Indonesia

Bintang timnas Korea Selatan Hwang Ui Jo dihukum Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) imbas dari skandal video seksual yang melibatkannya.

Hwang dituduh terlibat dalam penyebaran video seksual secara ilegal dengan merekam adegan tanpa persetujuan dari mantan kekasihnya.

“Sampai kesimpulan resmi diumumkan (terkait kasus tersebut), kami memutuskan untuk membekukan Hwang dari tim nasional,” kata Ketua Komite Etik KFA Lee Youn Nam dilansir AFP.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Mengingat sang pemain kini dalam penyelidikan sebagai tersangka, sulit baginya untuk melakukan kegiatan tim nasional secara normal,” ujar Lee menambahkan.

Lee juga menyebut para pemain timnas Korea Selatan patut menjunjung moralitas dan tanggung jawab tinggi sebagai contoh bagi banyak orang.

“Penggemar sepak bola mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap timnas, (jadi) kami menganggap tidak pantas untuk memilih Hwang Ui Jo masuk ke tim nasional,” ujar Lee.

Saat ini Hwang yang menjalani masa peminjaman di Norwich City di kompetisi kasta kedua Liga Inggris. Hwang bahkan sukses mencetak gol saat Norwich City kalah dari Watford 2-3 dalam lanjutan Championship, Selasa (28/11).

Hwang terakhir masih membela timnas Korea Selatan pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada pertengahan November 2023. Penyerang Norwich City ikut andil mengantar Korea Selatan menang atas Singapura dan China.

Sejauh ini Hwang telah mencatatkan 62 penampilan dengan koleksi 19 gol di semua ajang. Ia kerap menjadi andalan pelatih Jurgen Klinsmann di lini depan timnas Korsel.

Sanksi yang diberikan KFA membuat Hwang terancam absen membela Korea Selatan di Piala Asia 2023 yang akan berlangsung di Qatar mulai 12 Januari 2024.

[Gambas:Video CNN]

(jun/ptr)

Sumber: www.cnnindonesia.com