Bola  

Bentrok Messi vs Mbappe, Final Piala Dunia Impian Emir Qatar

Final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis di Stadion Lusail, Minggu (18/12), akan menjadi laga impian Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al Thani.

Jakarta, CNN Indonesia

Final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis di Stadion Lusail, Minggu (18/12), akan menjadi laga impian Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al Thani.

Partai puncak gempita bola dunia 2022 itu akan menjadi pertunjukan dua bintang Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi dan Kylian Mbappe. Kedekatan antara PSG dengan petinggi di Qatar menjadikan laga itu dianggap sebagai final yang ideal bagi tuan rumah.

“Klub itu sudah memiliki hubungan erat selama lebih dari satu dekade dengan tuan rumah Piala Dunia. Pada 2011, Otoritas Investasi Qatar membeli 70 persen saham tim,” tulis Marca

Peran Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al Thani sangat penting. Sebab dirinya merupakan sosok di balik investasi negara di semenanjung Arab itu ketika menunjuk Nasser Al-Khelaifi sebagai pelaksana perintahnya.

Al Thani sudah menunjukkan kekuatan finansial dengan pemain-pemain terkenal seperti Mbappe yang dibayar 180 juta euro dari Monaco. Messi pun didatangkan dengan proses transfer yang mengejutkan. 

Di PSG ada pula Neymar yang menjadi pemain termahal dalam sejarah sepak bola hingga kini.

Final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis juga menjadi pembuktian Messi dan Mbappe sebagai representasi PSG. Sebab kedua pemain tersebut sedang memperebutkan status top skor karena sama-sama mencetak lima gol dalam edisi ini.

Oleh karena itu, siapapun juara Piala Dunia 2022, PSG akan menjadi klub ‘pemenang’ karena ada perwakilan pemainnya yang bakal mengangkat trofi paling bergengsi di dunia. Itu sekaligus menjadikan Qatar sebagai pihak yang diuntungkan berkat kehadiran Messi dan Mbappe di final.

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga memanfaatkan kunjungannya untuk memberi selamat kepada Qatar karena sudah menyelenggarakan piala dunia. Macron memuji kualitas pelaksanaan piala dunia pertama di negeri Arab itu.


Lionel Messi dan Kylian Mbappe akan saling berhadapan di final Piala Dunia 2022. (REUTERS/SUSANA VERA)

“Harus diakui bahwa Qatar menyelenggarakan kompetisi ini dengan sangat baik. Keamanannya bagus,” kata Macron.

Di satu sisi, final Piala Dunia 2022 akan menjadi bekal bagi Messi dan Mbappe ke dalam portfolio karier masing-masing yang sekaligus dapat menjadi penentu masa depan di level klub.

Sebab, kontrak Messi bersama Les Parisiens akan habis pada Juni 2023. Sementara masa bakti Mbappe bakal berakhir pada 2024. Itu membuat PSG perlu menentukan langkah untuk kedua bintang lapangan itu.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/nva)







Sumber: www.cnnindonesia.com