Bola  

Bekuk Kirgistan 2-0, Arab Saudi ke 16 Besar

Arab Saudi lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 usai menang 2-0 atas Kirgistan pada laga kedua Grup F di Stadion Ahmad bin Ali, Senin (22/1) dini hari WIB.


Jakarta, CNN Indonesia

Arab Saudi lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 usai menang 2-0 atas Kirgistan pada laga kedua Grup F di Stadion Ahmad bin Ali, Senin (22/1) dini hari WIB.

Nasib nahas dialami Kirgistan yang harus bermain dengan 10 orang sejak awal pertandingan setelah bek Aizar Akmatov menjegal keras Sami Al Naji di depan kotak penalti.

Akmatov terlambat dalam melakukan tekel kepada Al Naji. Wasit yang menggunakan VAR menganggap Akmatov terlalu tinggi mengangkat kaki sehingga langsung diberikan kartu merah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tendangan bebas Mohammed Al Burayk pada menit ke-11 ke pojok kiri atas gawang Kirgistan ditepis kiper Erzhan Tokotaev. Sepak pojok untuk Arab Saudi.

Meskipun unggul jumlah pemain, Arab Saui masih kesulitan membobol gawang Kirgistan. Perlawanan sengit yang diberikan Kirgistan dengan 10 pemain tidak membuat Saudi leluasa menyerang dan mendapatkan peluang gol.

Arab Saudi hampir unggul pada menit ke-35 jika tendangan jarak jauh Abdulelah Al Malki tidak membentur tiang kiri gawang.

Bola sepakan itu jadi kemelut di kotak penalti Kirgistan. Saud Abdulhamid memberikan umpan silang ke sisi kiri dari bola rebound tendangan Al Malki.

Mohamed Kanno yang berdiri di sisi kiri serangan tanpa kesulitan memasukkan bola ke gawang Kirgistan dengan sontekan kaki kanan pada menit ke-35.

Alih-alih mencetak gol penyeimbang, Kirgistan harus bermain dengan sembilan pemain pada awal babak kedua setelah Kimi Merk melanggar Hassan Tambakti dengan keras pada menit ke-52.

Mulanya wasit hanya memberikan kartu kuning untuk Merk. Namun kemudian menggunakan VAR untuk kemungkinan kartu merah. Tayangan VAR menunjukkan Merk menjegal Tambakti dari belakang dan diberikan kartu merah pada menit ke-52.

Unggul dua pemain tiak juga memberikan kemudahan bagi The Green Falcon menambah keunggulan. Tim asuhan Roberto Mancini ini buruk dalam menciptakan peluang gol dan penyelesaian akhir. Tidak jarang Salem Al Dawsari dan kawan-kawan mudah kehilangan bola.

Kiper Totokaev membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-72 dengan menepis sundulan Mohamed Kanno yang memanfaatkan sepak pojok Mohammed Al Burayk.

Pertahanan solid Kirgistan pada babak kedua akhirnya tembus pada menit ke-84. Tendangan spekulasi Faisal Al Ghamdi gagal dibendung Tokotaev. Tembakan kaki kanan Al Ghamdi lebih dulu membentur pemain Kirgistan, benturan itu membuat Tokotaev gagal menepis bola dengan sempurna sehingga masuk ke gawang sendiri.

Meski demikian Tokotaev membuat Kirgistan terhindar dari gol ketiga Saudi dengan penyelamatan penting pada detik-detik akhir. Arab Saudi menang 2-0 atas Kirgistan.

Kemenangan ini membawa Arab Saudi lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, sementara Kirgistan masih punya kans di peringkat tiga terbaik meski menelan dua kekalahan.

(sry)


Sumber: www.cnnindonesia.com