Bola  

Balapan Diinvestigasi, Andi Gilang Menang Dramatis

Pembalap Indonesia Andi Gilang merebut pole pada sesi kualifikasi ARRC 2023 nomor Asia Superbike 1000 (ASB 1000) di Sirkuit Buriram, Thailand, Sabtu (2/12).

Buriram, CNN Indonesia

Pembalap Indonesia Andi Gilang menjadi juara race 1 Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 kelas Asia Super Bike 1000 (ASB) di Sirkuit Buriram, Thailand, Sabtu (2/12) sore.

Andi yang start dari posisi pertama bersaing ketat dengan Markus Reiterberger yang sudah dipastikan menjadi juara kelas ASB 1000 pada tahun ini.

Kemenangan Andi terbilang dramatis lantaran didapat lewat race investigation setelah sebuah insiden pada tikungan terakhir lap terakhir.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat tikungan terakhir ke kanan, Andi sudah berhasil melewati Markus. Kemudian pembalap Jerman itu melebar keluar jalur balapan. Markus kemudian tetap menempati posisi terdepan dan finis, namun ada di luar jalur balapan. Jaraknya dengan Andi hanya 0,088 detik.

Seketika finis, langsung muncul keterangan bahwa investigasi sedang dilakukan untuk menentukan pemenang balapan.

Keputusan akhir race investigation adalah menempatkan Andi sebagai pemenang dan Markus tergeser ke peringkat kedua. Sementara peringkat ketiga ditempati Zaqhwan Zaidi.

Ini merupakan kemenangan perdana Andi di ASB 1000 musim ini. Andi kini mengumpulkan 152 poin dan masih berada di peringkat ketiga klasemen.

Sedangkan Markus masih berada di posisi pertama dengan 213 poin dan Zaqhwan berada di posisi kedua dengan 156 poin.

Andi masih memiliki kans menambah poin maksimal lagi pada balapan terakhir ASB 1000 yang akan digelar besok sore di Buriram.

Di kelas Supersport 600, pembalap Indonesia Mohamad Adenanta Putra menempati posisi keenam. Sementara rekan setimnya di Astra Honda Racing Team, Fadillah Arbi Adetama, gagal finis karena lowside. Pembalap lain asal Indonesia yang bisa finis di kelas SS 600 adalah Galang Hendra.

Baik Adenanta, Arbi, maupun Galang sudah berada di luar jalur juara SS 600 yang tinggal menyisakan satu balapan pada Minggu (3/12) di tempat yang sama.

[Gambas:Video CNN]

(nva/rhr)

Sumber: www.cnnindonesia.com