Bola  

Atlet Rusia dan Belarusia Akan Tampil di Asian Games 2023

Komite Olimpiade Asia (OCA) mengizinkan atlet dari Rusia dan Belarusia untuk tampil di Asian Games 2023 Hangzhou.

Jakarta, CNN Indonesia

Komite Olimpiade Asia (OCA) mengizinkan atlet dari Rusia dan Belarusia untuk tampil di Asian Games 2023 Hangzhou.

OCA menyampaikan setidaknya ada 500 atlet yang diperkirakan bertanding di Asian Games 2023 yang bergulir pada 28 September hingga 8 Oktober mendatang.

Kendati demikian, seperti dilaporkan Reuters, atlet dari Rusia dan Belarusia wajib tampil tanpa bendera negara dan tidak mendapat hak memperoleh medali.

“Atlet dari Rusia dan Belarusia diizinkan berkompetisi di Asian Games Hangzhou untuk membantu mereka mendapatkan poin demi lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris,” tulis Reuters.

Meski tak berhak mendapatkan medali, atlet dari Rusia dan Belarusia yang tampil di Asian Games 2023 tetap mendapat poin kualifikasi dalam persaingan menuju Olimpiade 2024 Paris.

Presiden OCA Randhir Singh menyatakan bahwa rencana keikutsertaan Rusia dan Belarusia di Asian Games 2023 tidak akan mempengaruhi persaingan medali dan kuota atlet ke Olimpiade 2024.

Atlet Rusia dan Belarusia akan dilarang tampil di cabang combat sports Asian Games 2023. Selain itu keikutsertaan atlet dua negara itu di cabang atletik, menembak dan renang akan dibatasi.

Keputusan ini sejalan dengan keputusan atlet kedua negara itu tidak akan mendapatkan medali pada pesta olahraga terbesar Asia tersebut.

Saat ini atlet Rusia dan Belarusia kesulitan mengikuti kompetisi internasional menyusul keputusan Komite Olimpiade Internasional (IOC) memboikot badan olahraga kedua negara tersebut.

Rusia dicoret dari kualifikasi Piala Dunia 2022. Final Liga Champions juga dipindahkan dari Saint Petersburg ke Paris pada 2022. Hal serupa juga diterapkan pada beberapa cabang olahraga lain seperti F1, Judo, Hoki, hingga Basket.

Invasi Rusia terhadap Ukraina jadi penyebab utama. Dukungan Belarusia terhadap Rusia juga membuat negara tersebut ikut kena boikot badan olahraga internasional.

Belum ada jalan keluar soal nasib atlet Rusia dan Belarusia mengingat konflik di Ukraina masih berlangsung hingga saat ini.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/har)



Sumber: www.cnnindonesia.com