Bola  

Arti Selebrasi Makan Striker Irak yang Berujung Kartu Merah

Striker Irak Aymen Hussein mendapat kartu merah usai selebrasi makan saat melawan Yordania. Apa arti selebrasi makan yang dilakukan Hussein dan pemain Yordania?


Jakarta, CNN Indonesia

Penyerang Irak Aymen Hussein mendapat kartu merah setelah melakukan selebrasi makan saat melawan Yordania di Piala Asia 2023, Senin (29/1). Apa arti selebrasi makan yang dilakukan Hussein?

Hussein secara kontroversial mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-76 usai mencetak gol ke gawang Yordania. Wasit asal Iran, Alireza Faghani, mengusir Hussein setelah melakukan selebrasi makan.

Hussein bukan satu-satunya pemain yang melakukan selebrasi makan pada laga Irak vs Yordania. Ketika Yordania mencetak gol pertama saat injury time babak pertama, sang pencetak gol Yazan Al Naimat bersama Musa Al Taamari, Salem Al Ajalin, Nizar Al Rashdan dan Ali Olwan duduk di depan tribune penonton untuk melakukan selebrasi makan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selebrasi makan yang terjadi di laga Irak vs Yordania memiliki arti kebiasaan orang Yordania makan makanan bernama Mansaf. Mansaf merupakan kuliner kebanggaan masyarakat Yordania.

“Mansaf adalah daging domba yang direbus dalam susu kambing selama berjam-jam. Disajikan di atas sepiring besar nasi panas, dan ditaburi almond matang atau kacang pinus. Susu kambing yang dikukus kemudian dituangkan ke seluruh piring,” tulis situs Travel Dudes.

Mansaf biasanya dimakan menggunakan tangan. Orang-orang Yordania sering makan Mansaf bersama-sama dengan membentuk lingkaran seperti yang dilakukan lima pemain timnas Yordania saat melakukan selebrasi makan melawan Irak.

Orang-orang Yordania biasanya makan Mansaf sambil duduk sila, menggunakan tangan kanan dengan tangan kiri di belakang. Dalam melakukan selebrasi makan, para pemain Yordania menggunakan tangan kanan, sementara Hussein menggunakan tangan kiri.




Mansaf makanan tradisional Yordania. (Khalil MAZRAAWI / AFP)

“Mansaf adalah kebanggaan orang Yordania. Merupakan kehormatan besar bagi orang Yordania untuk memakannya bersama para tamu. Jangan pergi ke Yordania tanpa mencoba Mansaf!” tulis Tavel Dudes.

Timnas Yordania sukses mengalahkan Irak 3-2 pada 16 besar Piala Asia 2023. Di babak perempat final, Yordania akan menghadapi Tajikistan, yang sukses mengalahkan Uni Emirat Arab lewat adu penalti.

[Gambas:Video CNN]

(har)

Sumber: www.cnnindonesia.com