Bola  

Arti Al Hilm, Bola Khusus Final Piala Dunia 2022

FIFA dan Adidas secara resmi merilis bola khusus untuk semifinal dan final Piala Dunia 2022. Bola khusus itu disebut Al Hilm.

Jakarta, CNN Indonesia

FIFA dan Adidas secara resmi merilis bola khusus untuk final Piala Dunia 2022. Bola khusus itu disebut Al Hilm.

FIFA melalui situs resmi menyatakan Al Hilm akan mulai digunakan untuk pertandingan semifinal Argentina vs Kroasia dan Prancis vs Maroko.

Al Hilm juga akan digunakan untuk laga final Piala Dunia 2022. Seluruh tim semifinal Piala Dunia 2022 sudah menggunakan Al Hilm untuk sesi latihan.

Al Hilm dalam bahasa Arab berarti ‘Mimpi’. Bola ini akan menggantikan Al Rihla yang digunakan sepanjang babak grup hingga perempat final. Al Rihla memiliki arti ‘Perjalanan’.

Al Hilm memiliki desain dasar emas dan pola segitiga, yang terinspirasi dari gurun pasir yang mengelilingi ibu kota negara Qatar, Doha.

“Al Hilm mewakili suar cahaya pada kekuatan olahraga dan sepak bola untuk menyatukan dunia. Jutaan orang akan menonton dari hampir setiap negara di seluruh dunia, dipersatukan oleh hasrat mereka terhadap sepak bola,” ujar General Manager Adidas Nick Craggs.

Sama seperti Al Rihla, Al Hilm juga menggunakan teknologi terbaru Adidas yang disebut ‘Connected Ball’. Sebuah teknologi yang dapat membantu wasit dalam membuat keputusan lebih cepat dan akurat selama Piala Dunia 2022.

Dikombinasikan dengan data posisi pemain, ‘Connected Ball’ menawarkan data instan Video Match Officials, untuk membantu mengoptimalkan pengambilan keputusan.

Dengan menggabungkan data bola yang ditangkap menggunakan sensor IMU di dalam bola dan menerapkan kecerdasan buatan, teknologi baru ini mendukung sistem offside semi-otomatis hingga wasit bisa mengambil keputusan yang tepat jika menghadapi situasi offside yang ketat.

“Dengan perkembangan teknologi bola yang terhubung, Adidas memungkinkan lapisan informasi tambahan yang penting tersedia bagi wasit pertandingan,” ujar Direktur Teknologi & Inovasi FIFA Johannes Holzmuller.

[Gambas:Video CNN]

(har)







Sumber: www.cnnindonesia.com