Bola  

Arhan Cetak Sejarah Baru Indonesia di Liga Korea

Agen Pratama Arhan, Dusan Bogdanovic, merespons rumor bek Timnas Indonesia itu akan segera bergabung dengan klub Korea Selatan Suwon FC.


Jakarta, CNN Indonesia

Keputusan Suwon FC merekrut Pratama Arhan sebagai pemain anyar pada 2024 membuat sejarah baru buat Indonesia di Korea Selatan.

Suwon mengumumkan perekrutan Arhan pada Selasa (16/1) siang. Sebelumnya nama Arhan sudah beberapa kali dirumorkan bakal membela klub kasta tertinggi Korea ini sejak 2023.

Isu itu mencuat saat pemain berposisi bek kiri ini masih membela Tokyo Verdy. Rumor tersebut bergulir karena Arhan tak kunjung mendapat menit bermain bersama di kasta kedua Liga Jepang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Arhan resmi dipinang Tokyo Verdy dari PSIS Semarang pada 2022. Keputusan berani Arhan bersaing di Jepang dipuji banyak kalangan, meski akhirnya berbuah minimnya menit main yang didapat.

Kini Arhan memutuskan pindah ke negara Asia Timur lainnya, Korea Selatan. Baru juga datang, Arhan langsung mematahkan rekor yang dibuat Asnawi Mangkualam Bahar.

Asnawi merupakan pemain pertama Indonesia yang berkiprah di kompetisi sepak bola Korea Selatan. Anak Makassar ini bergabung dengan Ansan Greeners pada 2021.

Setelah dua musim bersama Ansan, pemain berposisi bek sayap kanan tersebut dipinang Jeonnam Dragons, sesama klub kasta kedua kompetisi sepak bola Korea.

Kini perjalanan tiga musim Asnawi di Korea Selatan terlampaui. Arhan akan tercatat sebagai pemain Indonesia pertama yang dipinang klub kasta tertinggi negeri ginseng ini.

Namun, bukan berarti Arhan akan menjadi pemain yang tampil di Liga Korea. Pasalnya Asnawi juga disebut-sebut akan dipinang klub kasta tertinggi Korea lainnya.

Sebelum Piala Asia 2023 (2024) Asnawi sudah berpisah dengan Jeonnam. Disebut-sebut Asnawi sudah mendapat klub baru dan tinggal diumumkan saja secara resmi.

[Gambas:Video CNN]

(abs/jal)

Sumber: www.cnnindonesia.com