Bola  

Alasan Gol Kedua Jepang Sah Meski Bola Terlihat Keluar

Gol kedua Jepang dinyatakan sah meski bola terlihat telah keluar dari lapangan sebelum Kaoru Mitoma memberikan umpan yang berujung gol ke gawang Spanyol.

Jakarta, CNN Indonesia

Jepang memastikan lolos sebagai juara grup E Piala Dunia 2022 usai mengecundangi Spanyol 2-1 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Jumat (2/12) dini hari WIB.

Kemenangan itu diwarnai gol yang bikin publik sepak bola dunia heboh. Samurai Biru mencetak gol kemenangan yang disebut berbau kontroversial.

Gol dicetak Ao Tanaka pada menit ke-51 yang mengubah skor menjadi 2-1. Pemain Fortuna Dusseldorf itu membobol gawang usai menerima umpan Kaoru Mitoma.

Perdebatan muncul karena sekilas bola diduga sudah lebih dulu keluar lapangan sebelum diumpan Mitoma ke arah Tanaka. Namun VAR menyatakan bola tetap aktif.

Dalam tayangan ulang, bagian bawah bola nampak sudah keluar garis. Namun bagian sisi bola lainnya dianggap masih menyentuh garis lapangan meski sangat tipis.

“Sepak bola adalah permainan tentang milimeter. Ini adalah momen proses gol kedua Jepang yang sudah ditinjau secara intens dengan VAR. [Kaoru] Mitoma masih bisa menjaga bola tetap hidup,” bunyi keterangan FIFA.

Peraturan nomor sembilan dalam Laws of the Game 2022/2023 dari International Football Association Board (IFAB) juga mengatur soal ini. Dalam aturannya disebutkan bola dinyatakan keluar saat keseluruhan bagian telah melewati garis gawang atau garis tepi lapangan, baik itu saat bola menyentuh rumput lapangan atau dalam kondisi berada di udara.

Dalam kasus gol Tanaka, bola yang diumpan oleh Mitoma memang dalam kondisi berada di udara tetapi keseluruhan bagian bola belum sepenuhnya melewati garis tepi lapangan permainan.

Hal itu pula yang membuat wasit Victor Gomes mengesahkan gol kedua Jepang setelah mengecek VAR.

Jepang pun dipastikan lolos ke 16 besar sebagai pemuncak klasemen Grup E ditemani Spanyol yang finis di posisi kedua karena unggul selisih gol atas Jerman.

[Gambas:Video CNN]

(jal/ain)







Sumber: www.cnnindonesia.com