Bola  

AFC Sorot Asnawi Jadi Pemain Kunci Indonesia di Piala Asia 2023

Kualifikasi Piala Dunia zona Asia telah berlangsung pada Kamis (16/11).Berikut hasil kualifikasi Piala Dunia termasuk laga Timnas Indonesia dan Malaysia.


Jakarta, CNN Indonesia

Konfederasi sepak bola Asia (AFC) menyorot Asnawi Mangkualam Bahar sebagai pemain kunci Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

“Ulet dan fisik kuat untuk menyerang, bek kanan Indonesia Asnawi Mangkualam adalah seorang kapten yang memberi contoh dalam upayanya mendorong tim nasionalnya maju,” tulis AFC.

Sebagai pemain 24 tahun dan sudah mengemban ban kapten, Asnawi dianggap punya jiwa kepemimpinan. Keputusan Shin menjadikannya kapten, setelah Fachruddin Aryanto, dianggap tepat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apalagi saat ini Asnawi sedang berjuang di Korea Selatan. Sebagai pemain papan atas di Indonesia, Asnawi mengawali karier di Korea sebagai pemain kelas kedua di K League 2.

Kendati demikian Asnawi tak berkecil hati. Putra Bahar Muharram ini malah berjuang keras agar bisa promosi ke level tinggi. Kans itu kian terbuka setelah dua musim di Korea.

Saat ini Asnawi masih terikat kontrak dengan Jeonnam Dragons. Asnawi turut mengantar Jeonnam menempati peringkat ketujuh klasemen akhir musim ini dengan 16 kemenangan.

AFC menyebut Asnawi bermain sama baiknya sebagai bek sayap kanan, gelandang, maupun winger. Ini yang membuatnya bisa beradaptasi dengan baik di kompetisi Korea Selatan.

Saat ini Asnawi sedang menjalani masa libur kompetisi di tanah kelahirannya, Makassar. Meski sedang libur, Asnawi tak lupa menjaga kondisi, fisik, dan sentuhannya.

Pasalnya Timnas Indonesia akan bertanding dalam Piala Asia 2023 di Qatar mulai Januari 2024. Rencananya pemusatan latihan Timnas akan digelar mulai 20 Desember.

Untuk itu Asnawi tak bisa bersantai. Sebagai pemain dengan status kapten, Asnawi dituntut punya nilai lebih. Ia harus menjadi teladan bagi pemain Timnas Indonesia lainnya.

[Gambas:Video CNN]

(abs/jal)

Sumber: www.cnnindonesia.com