Bola  

Adu Penalti, Korea Kalahkan Arab Saudi

Korea Selatan mengemas kemenangan atas Arab Saudi dalam laga 16 besar Piala Asia 2023 (2024).


Jakarta, CNN Indonesia

Korea Selatan mengemas kemenangan atas Arab Saudi dalam laga 16 besar Piala Asia 2023  di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Rabu (31/1) dini hari.

Skuad Elang Hijau berupaya mendominasi penguasaan bola sejak awal laga. Arab Saudi membuat Korea tertekan sejak awal, namun kesulitan membuat key pass dan peluang.

Korea bermain cukup sabar meladeni Saudi yang beberapa kali terlihat mengurung dan bermain dalam satu sisi lapangan saja. Son Heung Min dan kawan-kawan terpaksa bermain bertahan dan kemudian mengandalkan serangan balik.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara Arab kesulitan mencatatkan tembakan, Korea mencoba serangan balik. Son sempat memiliki peluang pada menit ke-26, namun penyelesaian akhirnya lemah dan bisa ditangkap dengan mudah.

Sebuah peluang terbaik didapat Arab dari situasi sepak pojok pada menit ke-40. Sundulan Saleh Alshehri dan Ali Lajami membentur mistar. Kemudian upaya Salem Al Dawsari melenceng tipis dari sasaran.

Setelah skor imbang tanpa gol pada babak pertama, Roberto Mancini yang menangani Saudi kemudian memasukkan Abdullah Radif.

Keputusan Mancini terbukti tepat. Ketika laga babak kedua baru berjalan 34 detik, pemain 21 tahun itu mencetak gol. Bola kiriman Abdullah Al Khaibari dibelokkan oleh Salem Al Dawsari. Radif yang berlari kencang dari arah blind side bek-bek Saudi kemudian menjangkau bola dan melepaskan tembakan yang tak bisa diamankan kiper Cho Hyeon Woo.

Setelah memimpin 1-0, Saudi masih bernafsu mengincar gol kedua. Sementara Korea perlahan mencoba melakukan perubahan pendekatan gaya main.

Situasi berubah ketika memasuki 15 menit terakhir waktu normal. Korea mengambil alih penguasaan bola, Arab pun sibuk bertahan.

Memasuki menit ke-86 Pasukan Taegeuk menadapatkan sederet peluang. Hwang Hee Chan digagalkan kiper Ahmed Al Kassar. Sementara upaya Son Heung Min diblok Hassan Tambakti.

Korea yang terus mencecar pertahanan Saudi kembali mendapat peluang, namun bola yang dilepaskan Cho Gue Sung pada menit ketiga injury time masih mengenai bingkai gawang. Selanjutnya peluang Hwang yang kembali gagal berbuah gol. Al Kassar tampil cukup apik dengan menepis dan memblok bola yang mengancam gawang Saudi.

Anak asuh Jurgen Klinsmann mencetak gol pada menit 90+8. Sebuah umpan crossing dari sisi kanan bisa disundul Seol Young Woo ke depan gawang di mana Cho Gue Sung berdiri dan menuntaskan umpan sundulan dengan tandukan yang membuat skor menjadi 1-1.

Laga berlanjut ke babak tambahan. Korea tampil lebih ngotot dan menghasilkan peluang lagi, namun penampilan Al Kassar mementahkan kans-kans Korea. Saudi pun gagal mencetak gol dari peluang Radif pada pengujung extra time.

Pada babak adu penalti, Korea memastikan kemenangan setelah empat algojo mereka bisa melaksanakan tugas dengan baik. Di kubu Arab hanya dua pemain yang bisa mengeksekusi tendangan 12 pas. Korea menang 4-2 di babak adu penalti.

Susunan Pemain Inti Arab Saudi vs Korea Selatan:

Arab Saudi: Ahmed Al Kassar; Ali Al Bulayhi, Ali Lajami, Hasssan Tambakti; Mohammed Al Burayk, Nasser Al Dowsari, Abdullah Al Khaibari, Mohammed Kanno, Saud Abdulhamid; Salem Al Dawsari, Saleh Al Shehri.

Korea Selatan: Jo Hyeon Woo; Jung Seung Hyun, Kim Min Jae, Kim Young Gwon; Kim Tae Hwan, Lee Jae Sung, Hwang In Beom, Seol Young Woo; Lee Kang In, Jeong Woo Yeong; Son Heung Min.

(nva/nva)

Sumber: www.cnnindonesia.com