Bola  

6 Pemain Indonesia yang Tak Main di Piala Asia 2023

Shin Tae Yong memberi peringatan untuk Timnas Indonesia U-23 agar tidak terlena kemenangan telak 9-0 atas Taiwan dan segera fokus untuk melawan Turkmenistan.


Jakarta, CNN Indonesia

Sejumlah pemain Timnas Indonesia tidak dimainkan pelatih Shin Tae Yong di Piala Asia 2023 di Qatar. Berikut daftar pemain Indonesia yang tak mendapat menit bermain di Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia tersingkir dari Piala Asia 2023 setelah kalah 0-4 dari Australia di babak 16 besar di Stadion Jassim bin Hamad, Minggu (28/1).

Di Piala Asia 2023 Indonesia mencatatkan sejarah setelah untuk kali pertama lolos ke babak gugur turnamen level elite ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari empat pertandingan yang dilakoni Skuad Garuda, Indonesia menorehkan satu kemenangan dan tiga kekalahan, serta mencetak tiga gol dengan kebobolan 10 kali.

Dari 26 nama yang dibawa ke putaran final, pelatih Shin Tae Yong menggunakan 20 pemain. Sedangkan enam nama lain hanya duduk di bangku cadangan dan tidak masuk line up.

Berikut 6 Pemain Indonesia yang tidak dimainkan di Piala Asia 2023:

1. Ramadhan Sananta

Ramadhan Sananta diharapkan menjadi striker lokal andalan Indonesia di masa depan. Akan tetapi dalam empat laga Indonesia di Piala Asia, nama Sananta tidak pernah masuk susunan pemain.

Pelatih Shin Tae Yong lebih memilih memainkan Dimas Drajad yang bermain lawan Irak dan Hokky Caraka sebagai pemain pengganti lawan Vietnam. Sebelumnya asisten pelatih Indonesia Nova Arianto menyebut Sananta mengalami masalah kebugaran.

2. Muhammad Riyandi

Kiper cadangan Muhammad Riyandi tidak dapat kesempatan bermain dari Shin Tae Yong di Piala Asia 2023. Penampilan apik Ernando Ari Sutaryadi bersama Indonesia jadi penyebab utama Riyandi tidak bermain.

3. Wahyu Prasetyo

Bek tengah Wahyu Prasetyo kalah bersaing dengan Jordi Amat, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Sandy Walsh, hingga Justin Hubner.

Lini bek tengah jadi salah satu sektor dengan persaingan yang cukup ketat di Timnas Indonesia. Dalam empat pertandingan, Shin Tae Yong hanya percaya pada lima pemain di atas untuk bek tengah, sehingga kesempatan Wahyu di Piala Asia 2023 tertutup.

4. Nadeo Argawinata

Nadeo datang ke Piala Asia 2023 dengan status pengganti Syahrul Trisna yang cedera pada detik-detik akhir atau beberapa hari jelang duel Irak vs Indonesia.

Berstatus sebagai pemain dalam daftar tunggu jelas membuat Nadeo minim kesempatan bermain. Terlebih lagi Ernando Ari tampil cukup bagus dalam sejumlah momen.

5. Dendy Sulistyawan

Dendy jadi pemain lain yang tidak dimainkan Shin Tae Yong. Lini serang Indonesia di Piala Asia seolah terkunci hanya untuk Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Rafael Struick, hingga Marselino Ferdinan. Pemain lain yang dapat kesempatan sebagai pengganti di lini depan adalah Hokky dan Dimas.

6. Edo Febriansyah

Edo kalah bersaing dari Pratama Arhan dan Shayne Pattynama untuk posisi bek kiri. Kelebihan Edo yang bisa menusuk ke dalam dari posisi kiri tampaknya tidak juga membuat STY memainkannya di Piala Asia.

[Gambas:Video CNN]

(sry/ptr)


Sumber: www.cnnindonesia.com