Bola  

5 Syarat Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala AFF U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae Yong buka suara soal kekalahan Garuda Muda dari Malaysia U-23, 1-2, di Piala AFF U-23 2023, Jumat (18/8).

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan 1-0 atas Timor Leste pada laga kedua Grup B Piala AFF U-23 2023. Berikut lima syarat Indonesia lolos ke semifinal.

Bertanding di Stadion Rayong Thailand, Minggu (20/8), Indonesia sebenarnya punya sederet peluang emas. Namun, hanya satu gol yang berhasil dilesakkan ke gawang lawan.

Adalah Ramadhan Sananta yang berhasil memecah kebuntuan Indonesia. Gol tersebut terjadi di pengujung babak pertama usai memanfaatkan umpan Beckham Putra.

Indonesia sebenarnya mampu mencetak gol tambahan di menit ke-78 lewat tendangan mendatar Sananta. Namun, gol tersebut dianulir karena Sananta dianggap offside.

Jika melihat tayangan ulang, Sananta masih dalam posisi onside. Sementara asisten wasit terlihat terlambat dalam mengikuti pergerakan pemain terakhir.

Hasil ini cukup merugikan Indonesia yang tengah berjuang lolos sebagai runner up terbaik Piala AFF U-23. Pasalnya, skuad arahan Shin Tae Yong menelan kekalahan 1-2 dari Malaysia di laga perdana.

Kemenangan atas Timor Leste membuat Indonesia kini berada di posisi kedua klasemen Grup B dengan raihan tiga poin. Indonesia kalah head to head dari Malaysia yang menang 2-1 atas Indonesia di laga perdana.

Malaysia baru akan menjalani laga kedua melawan Timor Leste pada Selasa (22/8). Ini bakal jadi duel penentu juara Grup B.

Alhasil, Indonesia harus melalui sejumlah syarat untuk lolos ke babak semifinal. Berikut lima skenario Garuda Muda untuk lolos ke empat besar Piala AFF u-23.

5 Syarat Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23 2023:

1. Malaysia berhasil mengalahkan Timor Leste di partai pamungkas. Kemenangan Malaysia akan memastikan Indonesia finis sebagai runner up Grup B.

2. Malaysia vs Timor Leste berakhir imbang. Hasil ini akan membuat Malaysia finis sebagai juara Grup B, sedangkan Indonesia berhak jadi runner up.

3. Kamboja kalah dari Thailand di laga pamungkas. Kamboja memang saat ini mengemas empat poin usai menang 5-0 atas Brunei Darussalam dan imbang 1-1 lawan Myanmar.

Kemenangan telak Kamboja atas Brunei Darussalam tidak akan dihitung karena Grup A berisikan empat tim, sedangkan grup lain hanya tiga tim. Maka hasil melawan tim juru kunci tak masuk perhitungan.

Jika kalah dari Thailand, maka Kamboja dianggap mengemas satu poin dalam klasemen runner up terbaik Piala AFF U-23. Hal yang sama juga akan dialami Myanmar yang akan memainkan laga pamungkas lawan Brunei.

4. Thailand vs Kamboja imbang. Situasi ini akan membuat Thailand keluar sebagai juara Grup A, sementara Kamboja runner up. Namun, Kamboja akan dihitung dua poin karena lagi-lagi hasil lawan Brunei tak masuk hitungan.

5. Vietnam tidak kalah lawan Filipina. Kemenangan atau hasil imbang lawan Filipina akan memastikan Vietnam finis sebagai juara Grup C.

Jika berhasil menang, maka Vietnam berhak menjadi juara Grup C dengan enam poin. Sementara Filipina dipastikan tersingkir.

Jika kedua tim bermain imbang, Vietnam tetap juara grup dan Filipina jadi runner up dengan perolehan dua angka. hasil ini akan tetap membuat Indonesia lolos sebagai runner up terbaik.

[Gambas:Video CNN]

(jun/rhr)



Sumber: www.cnnindonesia.com