Bola  

3 Pemain Indonesia Catatkan Rekor Gemilang di Piala Asia

Tiga pemain Timnas Indonesia menorehkan catatan individual apik dalam dua laga yang telah dilalui dalam Piala Asia 2023 (2024).

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Tiga pemain Timnas Indonesia menorehkan catatan individual apik dalam dua laga yang telah dilalui dalam Piala Asia 2023 (2024).

Timnas Indonesia sudah menjalani dua laga fase grup Piala Asia. Kekalahan dari Irak membuka langkah Skuad Garuda. Selanjutnya anak asuh Shin Tae Yong bisa bangkit dan mengalahkan Vietnam.

Skuad Garuda kini mengumpulkan tiga poin. Asa melaju ke babak 16 besar Piala Asia masih terbuka. Performa para pemain dalam 180 menit terdahulu tak bisa dianggap remeh.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Semua pemain yang dipercaya Shin tampil di lapangan memiliki kontribusi penting. Sementara itu ada tiga pemain yang tercatat memiliki catatan spesial sebagaimana tercantum dalam media sosial PSSI.

Berikut tiga pemain Indonesia catatkan rekor gemilang di Piala Asia 2023:

1. Ernando Ari Sutaryadi

Ernando selalu tampil sebagai penjaga gawang utama di Piala Asia edisi ke-18. Kiper dari klub Persebaya Surabaya itu kebobolan tiga kali pada laga pertama. Ernando tak goyah dan menunjukkan penampilan gemilang saat melawan Vietnam.

Sederet keputusan tepat dilakukan Ernando. Aksi penyelamatan penting juga dilakukan mantan penjaga gawang Timnas Indonesia U-16 dan U-18 tersebut. Salah satunya adalah menggagalkan upaya Vu Vanh Thanh lewat tendangan bebas pada pengujung babak kedua.

Atas performa yang meyakinkan dalam laga melawan Vietnam, Ernando mendapat gelar pemain terbaik. Ernando pun menjadi kiper pertama asal Indonesia yang meraih gelar pemain terbaik di Piala Asia setelah Hendro Kartiko yang menorehkan gelar serupa pada Piala Asia 2000 ketika melawan Kuwait dan Piala Asia 2004 saat berhadapan dengan Qatar.

2. Asnawi Mangkualam Bahar

Kapten Asnawi menjalankan tugas di Piala Asia 2023 dengan kondisi tidak bugar 100 persen. Asnawi selalu ditarik Shin pada babak kedua, baik saat menghadapi Irak atau Vietnam.

Terlepas dari masalah fisik yang sedang dihadapi, Asnawi menorehkan catatan sebagai pemain pertama asal Indonesia yang bisa mencetak gol dari titik penalti. Gol tendangan 12 pas Asnawi dibuat saat melawan Vietnam.

Penalti itu merupakan yang pertama didapat Indonesia selama keikutsertaan di Piala Asia dan Asnawi melaksanakan tugas debut itu dengan baik menipu Filip Nguyen yang diandalkan Vietnam di bawah mistar.

3. Marselino Ferdinan

Sebelum Asnawi membobol gawang Vietnam, Marselino lebih dulu merasakan momen prestisius dengan mencetak gol ke gawang lawan di pentas kontinental.

Sebuah sepakan Marselino menuntaskan bangunan serangan yang indah dari Timnas Indonesia. Tak cuma mencatatkan nama di papan skor, Marselino juga membuat rekor yang kemungkinan cukup sulit untuk dipecahkan.

Pemain KMSK Deinze itu menjadi pencetak gol termuda Timnas Indonesai di ajang Piala Asia. Marselino kini berusia 19 tahun, jauh lebih muda dibanding pemilik rekor sebelumnya Ponaryo Astaman yang berumur 25 tahun ketika membobol gawang Bahrain di Piala Asia 2004.

[Gambas:Video CNN]

(nva/ptr)


Sumber: www.cnnindonesia.com